Jum'at, 19/04/2024 09:24 WIB

Candramaya, Koleksi Ivan Gunawan yang Terinspirasi Ibunda

Ivan menampilkan sebanyak 25 koleksi dalam peragaan busana yang dikemas dalam konsep Charity Gala Dinner.

Chandramaya karya Ivan Gunawan (Foto: DFW)

Jakarta - Desainer Ivan Gunawan menjadi salah satu nama yang meriahkan gelaran Digital Fashion Week (DFW) 2018. Ivan Gunawan mempersembahkan koleksi dengan mengangkat tema `Candramaya`.

"Candramaya itu artinya kecantikan dibawah bulan purnama. Aku kan suka sesuatu yang imajinatif. Judulnya itu ketemu pas lihat siluet kain yang mewah di bawah bulan. Aku suka banget suasana malam," ucap Ivan Gunawan saat ditemui di DFW 2018 di Jakarta, Senin (15/10).

Ivan menampilkan sebanyak 25 koleksi dalam peragaan busana yang dikemas dalam konsep Charity Gala Dinner tersebut. Dirinya mengaku terinspirasi dari kain batik tradisional Jawa kuno untuk koleksi ini.

"Saya terinspirasi look tradisional Jawa kuno di mana saya keluarkan dari bahan batik klasik yang dikasih ornamen keemasan tapi look dibuat kekinian. Saya suka yang glam, timeless," ujarnya.

Ivan mengaku membutuhkan waktu tiga bulan untuk mempersiapkan koleksi `Candramaya` ini. Hasilnya sebanyak 15 busana wanita berupa blazer, dress dan jumpsuit serta 10 busana pria pun tercipta.

Ivan memilih bahan batik klasik dengan ornamen keemasan yang glamor sesuai ekspektasinya yang mengangkat inspirasi perempuan Indonesia yang kuat dan elegan. Tak ada pakem khusus asal batik yang ia konsep, lebih ke batik dengan nuansa netral khas Jogja yang vintage, seperti burung dan dedaunan.

"Saya terinspirasi dengan batik klasik milik ibu saya, jadi warna yang dipakai cenderung dominan hitam dan emas tapi dengan siluet yang kekinian, lebih gelamor dan modern dilengkapi jewelry
dari India.

Tak hanya menghelat fashion show, Ivan juga melelang koleksi busanya yang bertajuk Manjha Jawi, yakni batik dengan motif parang. "Ya aku berharap bisa dihargai tinggi demi misi sosial yang aku lakukan bersama Let Share ini," ucap Ivan.

Selain melakukan lelang donasi ini, lewat DFW Charity Gala Dinner menurut Ivan penggalangan dana juga dilakukan lewat penjualan meja. Maksudnya, orang-orang yang datang ke DFW Charity Gala Dinner ini diharuskan membayar `tiket masuk` untuk bisa bergabung di acara ini.

KEYWORD :

Ivan Gunawan Candramaya Batik Fashion




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :