Jum'at, 26/04/2024 00:58 WIB

Sejumlah Peristiwa Bersejarah 13 Oktober

Penyerbuan oleh massa penyembah yang menyeberangi jembatan di atas Sungai Sindh di sebuah festival Hindu di negara bagian Madhya Pradesh di India menewaskan lebih dari 100 orang dan melukai puluhan lainnya

Pasukan Italia

Jakarta - Banyak peristiwa bersejarah yang terjadi pada 13 Oktober, mulai dari perang antar negara, bencana mematikan hingga pemberian penghargaan kepada tokoh-tokoh.

Berikut sejumlah peristiwa bersejarah yang terjadi pada 13 Oktober dilansir UPI:

Pada 1775, Kongres Kontinental memerintahkan pembangunan armada angkatan laut pertama Amerika.

Pada tahun 1903, Amerika Boston (kemudian dikenal sebagai Red Sox) mengalahkan Pittsburgh Pirates untuk memenangkan World Series modern pertama, lima game ke tiga.

Pada tahun 1917, hingga 100.000 orang berkumpul di Fatima, Portugal, untuk "Miracle of the Sun" dan aktivitas matahari yang aneh dan, bagi banyak orang sekilas dilaporkan tentang Perawan Maria.

Pada tahun 1943, ditaklukkan oleh Sekutu, Italia menyatakan perang terhadap Jerman, mantan mitranya Axis.

Pada tahun 1972, Uruguay Air Force Flight 571 membawa 45 orang, termasuk tim rugby dari Montevideo, jatuh di pegunungan Andes. Butuh 72 hari bagi tim penyelamat untuk mengetahui nasib para korban, dan pada saat itu, hanya 16 yang tersisa untuk menceritakan kisah mereka. Kisah mengerikan yang dialami oleh para korban dibawa ke layar lebar dalam film feature 1993, Alive .

Pada tahun 1972, lebih dari 170 orang tewas dalam kecelakaan pesawat Soviet di dekat Bandara Internasional Sheremetyevo Moskow.

Pada tahun 1987, Presiden Kosta Rika Oscar Arias Sanchez dianugerahi Hadiah Nobel Perdamaian - pemenang pertama dari Amerika Tengah. Arias diakui karena karyanya mempromosikan demokrasi dan perdamaian di Amerika Tengah.

Pada tahun 1990, pasukan Suriah pindah ke Lebanon, menyingkirkan pemimpin milisi Kristen Jenderal Michel Aoun dari kekuasaan, yang secara efektif mengakhiri Perang Saudara Lebanon .

Pada tahun 1994, dua bulan setelah Tentara Republik Irlandia mengumumkan gencatan senjata, Pasukan Relawan Ulster dan Pejuang Kemerdekaan Ulster, dua kelompok paramiliter utama yang berjuang mempertahankan Irlandia Utara dengan mayoritas Protestan di Inggris, mengumumkan gencatan senjata .

Pada tahun 2003, joki Bill Shoemaker ternama AS, pemenang hampir 9.000 ras, meninggal di rumahnya di San Marino, California. Ia berusia 72 tahun.

Pada tahun 2010, setelah lebih dari dua bulan dimakamkan setengah mil di bawah gurun Chili, yang pertama dari 33 penambang yang terjebak ditarik ke tempat yang aman di sebuah lorong sempit yang dibor melalui lebih dari 2.000 kaki batu, yang akan diikuti dalam 24 jam ke depan oleh sisa kru di akhir dramatis untuk misi penyelamatan luar biasa.

Pada tahun 2013, penyerbuan oleh massa penyembah yang menyeberangi jembatan di atas Sungai Sindh di sebuah festival Hindu di negara bagian Madhya Pradesh di India menewaskan lebih dari 100 orang dan melukai puluhan lainnya. Seorang pejabat polisi mengatakan orang-orang panik ketika rumor menyebar bahwa jembatan itu runtuh.

Pada tahun 2016, penyanyi-penulis lagu Bob Dylan memenangkan Hadiah Nobel untuk Sastra. Dylan mengatakan dia merasa terhormat dengan hadiah itu, tetapi melewatkan upacara untuk menerimanya karena "komitmen yang sudah ada sebelumnya." Dia mengambilnya pada April 2017.

KEYWORD :

Sejarah Oktober Nobel




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :