Jum'at, 26/04/2024 00:32 WIB

Dear Ladies, Lima Hal Ini Bisa Picu Kanker Payudara

Mengingat banyaknya pasien kanker payudara yang baru periksa setelah stadium lanjut, Anda perlu mengetahui apa saya yang meningkatkan risiko kanker payudara

Ilustrasi kanker payudara

Jakarta - Kanker payudara merupakan penyakit yang berbahaya. Berdasar survey Lovepink tahun 2017 menemukan bahwa sebanyak 80 persen pasien kanker payudara khususnya di Jakarta baru ke dokter di stadium lanjut.

Walaupun 80 persen perempuan Indonesia telah mengetahui gejala-gejala kanker payudara, tetapi mereka tidak melakukan periksa payudara sendiri (Sadari) dan pemeriksaan payudara klinis (Sadanis).

Penemuan-penemuan ini menunjukkan bahwa deteksi dini di Indonesia belum berjalan dengan baik Maka dari itu, Anda perlu mengetahui beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko terkena kanker payudara:

1. Merokok dan alkohol

Rokok dan mengonsumsi alkohol yang berlebihan merupakan salah satu pemicu dari penyakit kanker. Bukan hanya perokok aktif, namun perokok pasif pun dapat terkena.

2. Usia

Hal lain yang dapat meningkatkan risiko kanker adalah usia. Untuk wanita, saat menginjak usia 40 tahun, resiko terkena kanker payudara akan meningkat. Sedangkat pria, saat menginjak usia 60 tahun.

3. Genetik

Jika Anda memiliki keluarga atau kerabat yang mengidap kanker payudara, maka Anda memiliki risiko yang lebih besar dibanding yang tidak memiliki keluarga dengan kanker payudara.

4. Kelebihan berat badan

Kelebihan berat badan pun merupakan salah satu hal yang dapat memicu terjadinya kanker payudara.

5. Pola makan yang tidak sehat

Gaya hidup dan pola makan yang salah bisa menjadi pemicu yang dapat meningkatkan seseorang terkena kanker payudara. Oleh karena itu, ubahlah pola makan dan gaya hidup Anda menjadi lebih sehat

KEYWORD :

Kanker Payudara Love Pink Perempuan Risiko




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :