Sabtu, 20/04/2024 20:31 WIB

Alergi Kosmetik? Yuk Ketahui Penyebabnya

Apa yang akan terjadi pada kulit kita bila alergi disebabkan oleh kosmetik? Yuk cari tahu penyebabnya

Kondisi alergi yang terjadi pada kulit wajah akibat produk kosmetik memang dapat dan cukup sering terjadi (Foto: Ilustrasi)

Jakarta - Kondisi alergi yang terjadi pada kulit wajah akibat produk kosmetik memang dapat dan cukup sering terjadi. Kosmetik dapat berupa krim wajah, bedak tabur, bedak padat, masker wajah, atau cairan produk lain yang dioles di wajah.

Jika reaksi alergi di kulit wajah akibat kosmetik tersebut membentuk keluhan jerawat maka kondisi ini disebut acne venenata. Jika reaksi alergi/iritasi di kulit wajah hanya berupa muncul ruam kemerahan dan gatal maka ini biasanya disebut dengan dermatitis kontak alergi atau dermatitis kontak iritan

Kata ahli, tingkat keparahan alergi akan berbeda-beda pada tiap orang. Singkatnya, ada yang mengalami reaksi alergi ringan dan ada pula yang berat sampai berakibat fatal.

Lalu, kira-kira apa yang akan terjadi pada kulit bila alergi disebabkan oleh kosmetik? Yuk intip penyebab alergi kosmetik yang dikutip dari Halodoc berikut ini:

1. Gatal hingga Ruam

Bukan rahasia lagi kalau kulit wajah merupakan bagian yang amat rentan terhadap alergi. Kata ahli, alergi pada kulit wajah ini disebabkan karena kandungan produk kosmetik bisa memengaruhi struktur dan fungsi kulit. Nah, hal inilah yang ujung-ujungnya bisa menyebabkan peradangan.

Alergi ringan memang masih bisa diobati, tetapi bila gejala alergi terjadi terus-menerus ketika kamu menggunakan produk tersebut, maka kemungkinan alergi bisa bertambah parah. Pada kondisi ini, sebaiknya kamu perlu meminta bantuan dan perawatan dokter.

Gejala alergi kosmetik pada kulit bisa menimbulkan reaksi seperti biduran. Kondisi ini terjadi ketika kulit bereaksi pada suatu yang bersifat alergen. Di tahap ini mungkin dirimu akan mengalami gatal, muncul sensasi kesemutan, kulit terasa panas atau perih, hingga ruam dan bengkak.

2. Mata Teriritasi dan Bengkak

Maskara, eyeshadow, eyeliner, hingga alas bedak merupakan produk yang biasa digunakan wanita untuk merias area sekitar mata. Namun, ada kalanya produk-produk tersebut bisa menyebabkan alergi bagi mata. Ketika kandungan kimianya bersentuhan dengan kulit di sekitar mata, bisa saja dirimu akan mengalami ruam.

Dalam kebanyakan kasus, kondisi kulit awalnya akan berwarna kemerahan dan terasa gatal. Tak cuma itu, area kulit di sekitar mata pun bisa saja mengelupas karena alergi tersebut.

Di samping ruam, alergi kosmetik ini juga bisa membuat kelopak mata jadi bengkak dan berair. Hati-hati, sebab kondisi ini bisa menyebar ke daerah pipi atas yang diikuti dengan munculnya ruam. Itulah tanda-tanda wajah alergi kosmetik.

Melansir Live Strong, selain ruam dan bengkak, riasan mata yang bersentuhan dengan kulit di sekitar mata juga bisa menyebabkan iritasi dan konjungtivitis. Kata ahli, kondisi ini merupakan infeksi selaput transparan mata yang membuat pembuluh darah jadi terlihat dan daerah putih bola mata jadi merah. Terkadang hal inilah yang membuat dirimu akan merasa amat peka terhadap cahaya silau.

3. Bibir Kering dan Bengkak

Produk kecantikan seperti lipstik, lip balm, atau produk lainnya untuk merias bibir juga bisa menyebabkan alergi, lho. Tepatnya menimbulkan peradangan pada bibir yang biasa disebut dengan cheilitis. Bila alergi terjadi pada area bibir, maka biasanya bibir akan menjadi kering, kemerahan, gatal, hingga bengkak.

KEYWORD :

Alergi Kosmetik Penyebab




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :