Sabtu, 20/04/2024 01:38 WIB

Tak Hanya Manis, Madu juga Bermanfaat untuk Kesehatan

Madu murni memiliki khasiat lebih bagi kesehatan karena terdapat kandungan efek anti-bakteri. 

Tahukah Anda jika madu memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan (Foto: Akishaber)

Jakarta - Sejak ribuan tahun lalu, madu telah dikenal bisa menjadi obat dari beragam penyakit. Bahkan karena luar biasa ampuhnya madu juga dijuluki rajanya obat.

Menurut Advicer New Zealand Embassy Roy Sparingga, madu bisa menjaga kesehatan tubuh karena memiliki efek anti-bakteri yang lebih kuat dengan kandungan Methylglyoxal (MGO) yang tinggi yakni 400 mg/kg dan lebih.

"Sedangkan kalau untuk sistem pencernaan manusia, madu berkhasiat mampu menghambat bakteri yang terkait dengan tukak lambung, anti-inflamasi dan protektif - acid reflux, dan gastritis," ucap Roy di Jakarta, Rabu (10/10).

Perlu diketahui juga jika madu murni menurut Roy bisa mengkristal jadi bukan artinya palsu. "Masih banyak mitos soal madu asli atau palsu yang beredar di pasaran," ucapnya.

Salah satu sumber madu alami berasal dari pohon, seperti yang diproduksi oleh Madu Manuka yang mengambil dari madu pohon manuka.

Pohon manuka memiliki sejarah panjang ratusan tahun sebagai tanaman obat yang digunakan orang Maori Selandia Baru sebagai obat anti-inflamasi atau penyembuhan, khususnya pencernaan, mulut, dan kulit.

"Untuk kesehatan mulut, madu membantu bisa menghambat bakteri terkait yang terkait dengan pembentukan plak, kerusakan gigi dan penyakit gusi, sakit tenggorokan hingga menenangkan batuk kering," lanjtnya.

Selain dari dalam, madu juga dapat menyembuhkan luka (penggunaan topikal), membantu melawan infeksi, mengurangi peradangan ketika dioleskan untuk luka, luka bakar, lecet, jerawat dan eksim. Madu juga bisa menghidrasi dan memelihara semua jenis kulit, terutama kulit kering dan bermasalah.
 

KEYWORD :

Madu Kesehatan Kulit Pohon Manuka




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :