Sabtu, 20/04/2024 01:41 WIB

Ladies, Ini Tiga Tips Mengapresiasi Diri

Banyak perempuan yang belum mampu mengapresiasi dirinya sendiri jadi lebih sulit mengapresiasi orang lain.

Pentingnya para perempuan mengapresiasi diri (Foto: Istimewa)

Jakarta - Apresiasi diri adalah salah satu hal penting yang terkadang dilupakan oleh perempuan Indonesia, terlebih para perempuan yang sudah memberikan segalanya bagi keluarga.

Sejatinya, mengapresiasi diri adalah wujud mencintai dan menghargai diri sendiri yang sangat penting perannya  terutama bagi peningkatan kesejahteraan hidup dan memperbaiki kualitas hubungan dengan orang lain, baik itu teman, saudara, anak, pasangan hingga khalayak luas di media sosial.

Psychotherapist Henny E. Wirawan M. Hum menjabarkan secara khusus mengenai pentingnya para perempuan mengapresiasi diri.

Faktanya menurut Henny saat ini masih banyak perempuan yang belum mampu mengapresiasi dirinya sendiri, sehingga lebih sulit untuk mampu mengapresiasi orang lain.

"Faktor lingkungan dari keluarga hingga sosial media menjadi penyebab utamanya, lingkungan yang mendukung ataukah lingkungan yang menjatuhkan? Di sinilah pentingnya memilih lingkungan yang sehat.

Selain lingkungan yang merupakan faktor eksternal, terdapat pula faktor internal yakni diri sendiri. Henny juga memberikan tips agar perempuan lebih dapat mengapresaisi diri.

“Ada 3 langkah sederhana yaitu kenali kelebihan diri sendiri, sadari kekurangan diri sendiri dan kerjakan apa yang ada di dalam diri," tandasnya.

Menurut Edith Grotberg, seorang peneliti International Resilience Project dari Belanda ada 3 langkah untuk mengenali kelebihan diri sendiri.

Pertama ialah I am, siapakah aku ini? Kedua I can, apa kemampuanku. Ketiga I have, apa yang kumiliki? Sehingga itu semua menjadi daftar kekayaan lahir dan batin yang dapat menyadarkan diri betapa diri itu berharga dan patut diapresaisi.

Selanjutnya menyadari kekurangan diri sendiri dan kemudian meningkatkannya karena secara psikologis ada banyak hal yang dapat diubah ke arah yang lebih baik.

Langkah terakhir ialah kerjakan apa yang ada di dalam diri kita, tidak tinggal diam melainkan praktekkan apa yang kita punya,  sehingga semangat positif itu tertular dan menjadi inspirasi bagi lingkungan sekitar.

"Setiap manusia hanya ada satu di dunia ini, sebagai genuine creature jika kita menghayatinya dengan sungguh-sungguh maka kita akan merasa diri ini berharga dan mampu menghasilkan hal yang luar biasa,” tambah Henny.

“Pop Up Market Bright is You” berupaya mendorong perempuan Indonesia untuk berani mengapresiasi diri. Hal ini penting karena dengan mencintai dan memberikan penghargaan kepada diri sendiri dapat meningkatkan kualitas kehidupan.

Ada beragam cara untuk mewujudkan hal ini, mulai dari menjaga kesehatan dan merawat kecantikan diri, hingga berdaya dan berkarya mewujudkan ide serta kreasi sehingga akhirnya mampu menjadi sosok yang menginspirasi lingkungannya.

Tentu setiap perempuan memiliki cara yang berbeda-beda sesuai dengan kepribadian masing-masing, karena setiap perempuan memiliki sinarnya tersendiri.
 

KEYWORD :

Perempuan Tips Apresiasi Diri




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :