Sabtu, 20/04/2024 08:04 WIB

September Nilai Tukar Petani Naik, Deflasi Karena harga Pangan Turun

Terjadi deflasi di pedesaan di Indonesia sebesar 0,59 persen yang disebabkan oleh kelompok bahan makanan yang cukup besar.

Kantor Pusat BPS (Istimewa)

Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) Melaporkan nilai tukar petani (NTP) per September 2018 mencapai 103,17 atau naik 0,59 persen dibandingkan periode sama bulan sebelumnya

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, kenaikan NTP tak lepas dari indeks harga yang diterima petani naik sebesar 0,26 persen, sementara indeks harga yang dibayar petani turun sebesar 0,33 persen.

"Nilai tukar petani di September naik 0,59 perse ," kata Suhariyanto dalam konferensi pers di gedung BPS, Senin (1/10).

Secara keseluruhan, subsektor NTP mengalami kenaikan, seperti tanaman pangan, perkebunan rakyat, perikanan. Adapun sektor yang mengalami penurunan adalah holtikultura dan peternakan.

Pada September 2018, terjadi deflasi di pedesaan di Indonesia sebesar 0,59 persen yang disebabkan oleh kelompok bahan makanan yang cukup besar. Sementara indeks konsumsi rumah tangga lainnya naik.

Secara keseluruhan, subsektor NUP mengalami kenaikan seperti subsektor NTP. Hanya subsektor holtikultura dan peternakan yang mengalami penurunan di September 2018.

Suhariyanto menerangkan penurunan harga bahan makanan menjadi penyebab deflasi September 2018.

"Deflasi terjadi pada dua kelompok. Pertama bahan makanan dengan tingkat deflasi 1,62 persen. Adapun andilnya mencapai 0,35 persen (secara bulanan)," terang Suhariyanto.

Adapun jenis bahan makanan yang turun harganya di antaranya, daging ayam ras yang berikan andil deflasi 0,13 persen. Kemudian penurunan harga bawang merah dan ikan segar yang masing-masing berikan andil 0,05 persen dan 0,04 persen. 

"Beberapa sayuran dan telur ayam juga turun. Serta cabai rawit," tutur Suhariyanto.

Lebih jauh BPS melaporkan tingkat inflasi inti (core inflation) pada September 2018 (year on year) 2,82 persen.

"Inflasi inti pada September 2018 mencapai 2,82 persen," kata Suhariyanto.

KEYWORD :

Kementan BPS Suharianto




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :