Minggu, 26/05/2019 06:06 WIB

Tiga Manfaat Cuka Apel untuk Kulit Wajah Anda

Bahan makanan di sekitar Anda ternyata bisa bantu merawat wajah, salah satunya cuka apel. 

Cuka apel miliki manfaat lain bagi kulit wajah (Foto: Net)

Jakarta - Sebagian besar orang memanfaatkan cuka apel untuk menjaga kesehatan dan menambah citarasa pada masakan. Di balik dua manfaat utama ini, ternyata cuka apel juga memiliki khasiat lain, lho.

Cuka yang berasal dari hasil fermentasi sari apel ini ternyata memiliki manfaat untuk perawatan kecantikan kulit.

Bahkan manfaat cuka apel untuk kecantikan juga dianggap sama dengan minyak kelapa.

Penasaran dengan berbagai manfaat kecantikan yang bisa Anda dapatkan jika rutin merawat kulit dengan bahan ini. Berikut manfaat cuka apel seperti yang dikutip dari laman Journal Sociolla

1. Menghilangkan jerawat

Cuka apel merupakan salah satu alternatif menghilangkan jerawat secara alami yang baik. Hal ini disebabkan karena cuka apel memiliki zat anti bakteri and antiseptik yang bermanfaat untuk mencegah jerawat. Kandungan lainnya seperti Alpha Hidroxy Acid dan Acetic Acid turut menjaga pori-pori kulit tetap bebas dari bakteri penyebab jerawat, debu, serta polusi.

Cara penggunaan: campurkan sesendok cuka apel dengan dua cangkir air lalu aplikasikan menggunakan kapas lembut pada wajah yang telah dibersihkan sebelumnya. Biarkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan cara ini dua kali sehari atau setiap kali Anda selesai mencuci wajah.

2. Memudarkan noda pada wajah

Noda pada wajah bisa disebabkan oleh bekas jerawat yang menghitam atau penuaan dini. Selain melawan jerawat, cuka apel juga dapat membantu memudarkan noda pada wajah. Kandungan Alpha Hidroxy Acid dalam cuka apel juga mempercepat regenerasi kulit.

Cara penggunaan: campurkan sesendok cuka apel dengan dua cangkir air lalu aplikasikan menggunakan kapas lembut pada wajah yang telah dibersihkan sebelumnya. Biarkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan hal ini beberapa kali dalam seminggu agar mendapatkan manfaat yang maksimal.

3. Toner wajah

Cuka apel telah lama dikenal sebagai toner alami yang baik untuk kulit wajah, khususnya Anda dengan tipe kulit berminyak. Sifat astringent dalam cuka apel membantu menghambat produksi minyak secara berlebih pada kulit sekaligus mengecilkan pori-pori wajah.

Penggunaan cuka apel secara teratur dapat mencerahkan kulit wajah. Cuka apel juga membantu menyeimbangkan tingkat pH kulit Anda, mencegah kulit menjadi terlalu berminyak atau terlalu kering.

TAGS : Cuka Apel Kulit Wajah Jerawat




TERPOPULER :