Jum'at, 19/04/2024 10:24 WIB

Ribuan Banser Berzikir di Islamic Center

Purwaji mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Siak dan Riau atas sambutan hangatnya dalam kegiatan tersebut. Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan, termasuk pihak aparat keamanan. 

Gus Faris Al Haq menyampaikan tausyiah kebangsaan dalam acara Kirab Satu Negeri di Masjid slamic Center, Siak, Riau, Minggu (23/9/2018) dini hari.

Siak - Ribuan anggota Ansor dan Banser memadati Masjid Islamic Center Sultan Syarif Hasim, Kabupaten Siak, Riau, untuk berzikir dalam acara Haul Sultan Siak. Acara zikir berlangsung khidmat.

Acara dihadiri acara Wakil Bupati Siak Alfedri, Kapolres Siak AKBP Ahmad David, Dewan Syuro NU Siak KH Muhtaqdihin, Kemenag Siak Muharrom, Ketua PP GP Ansor Riau Purwaji, dan pengurus lainnya.

Kegiatan yang awalnya dijadwalkan di Lapangan Siak Bermadah itu dipindah ke Masjid Islamic Center setelah adanya penolakan dari seratusan masyarakat yang terprovokasi atas kegiatan Ansor.

"Pelaksanaan zikir kebangsaan di Siak berjalan aman dan lancar. Walau awalnya ada aksi penolakan dari sejumlah masyarakat," kata Kapolres Siak AKBP Ahmad David kepada wartawan, Minggu (23/9/2018).

Adapun personel yang dilibatkan untuk pengamanan berjumlah, jelas Ahmad, sekitar 600 orang. Terdiri dari kesatuan Polres Siak, Polda Riau, Polres Pelalawan, dan Polres Meranti.

Usai zikir bersama, kata Ahmad, para perserta melaksanakan ziarah ke makam Sultan Syarif Kasim yang selesai Minggu (23/9/2018) dinihari sekitar pukul 01.00 WIB.

"Semua kegiatan berjalan normal, tanpa ada halangan apa pun," kata Ahmad.

Senada, Ketua PW GP Ansor Purwaji mengatakan, kegiatan berjalan lancar walau sempat ada aksi penolakan.

Purwaji mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Siak dan Riau atas sambutan hangatnya dalam kegiatan tersebut. Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan, termasuk pihak aparat keamanan.

"Kami datang dengan damai dan sesuai tujuan Kirab Satu Negeri yang digelar GP Ansor adalah untuk mempersatukan Indonesia yang belakangan ini mulai muncul benih-benih perpecaha. Mari kita jaga persatuan dan kesatuan dalam bingkai NKRI. Alhamdulillah, dengan semangat Kita Ini Sama mencintai negeri ini, akhirnya semua menjadi sejuk, tidak ada gesekan di masyarakat dalam kegiatan Kirab Satu Negeri di Riau," kata Purwaji.

Sementara, dalam tausyiahnya Gus Faris Al Haq menyampaikan untuk bersama-sama menjaga bangsa dan negara jangan ada perpecahan.

"Perlu diketahui bahwa di Siak ini ada sultan yang membangun bangsa berdasarkan Islam. Sebab itu, jika ada pihak-pihak yang merusak bangsa ini, maka GP Ansor dan Banser akan berjuang di depab membela bangsa dan negara ini," tandas Gus Faris.

KEYWORD :

Ansor Kirab Satu Negeri




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :