Rabu, 12/12/2018 10:09 WIB

Delapan Tahun, Dede "Disandera" Majikan di Saudi

Dede Herlina, tak kunjung pulang ke Tanah Air setelah disandera oleh majikan tempatnya bekerja selama delapan tahun terakhir.

Dede Herlina

Jeddah – Pekerja migran Indonesia (PMI) di Arab Saudi, Dede Herlina, tak kunjung pulang ke Tanah Air setelah disandera oleh majikan tempatnya bekerja selama delapan tahun terakhir.

Keluarga pun mengakui sulit menghubungi Dede, karena perempuan asal Kampung Ciroyom Hilir, Desa Ciroyom, Cipendeuy, Bandung, Jawa Barat itu tidak diizinkan membawa ponsel oleh majikannya.

“Pernah dilaporkan ke pihak KJRI pada 2016, oleh petugas dia diberi nomor ponsel. Tapi belakangan nomor itu tidak bisa dihubungi,” kata salah satu keluarga Dede saat dihubungi Jurnas.com, pada Jumat (21/9).

Keluarga menuturkan, Dede berangkat mengadu nasib sebagai pembantu rumah tangga (PRT) pada akhir 2009, lewat jasa pengirim tenaga kerja PT Berkah Ayu Saparindo.

Namun terdapat sejumlah keganjilan tak lama setelah Dede bekerja di Kota Tabuk, Saudi. Salah satunya, masa bekerja Dede per bulan dihitung selama 45 hari.

“Oleh majikannya, satu bulan dihitung 45 hari baru dibayar. Itu pun gajinya tidak lancar, keperluan sehari-harinya beli sendiri, bahkan untuk makan juga ditanggung sendiri,” jelasnya.

Karena itu, keluarga berharap pemerintah melalui KJRI Jeddah menyelesaikan kasus tersebut. Keluarga juga meminta bantuan pemerintah, agar Dede kembali mendapatkan haknya. (Ahyar/Kontri)

TAGS : PMI BMI Migran Arab Saudi




TERPOPULER :