Kamis, 13/12/2018 22:27 WIB

Tindakan Ceroboh Pilot India Ini Ancam Nyawa Penumpang

hal itu terjadi karena pilot dalam penerbangan dari Mumbai ke Jaipur lupa menghidupkan sistem untuk mempertahankan tekanan kabin, sehingga penumpang meras pengap dan kesulitan bernapas.

Penumpang India

Jakarta - Penerbangan Jet Airways di India harus kembali pada pertengahan penerbangan pada Kamis (20/09) karena tekanan kabin yang rendah menyebabkan beberapa penumpang mengalami sakit telinga dan mimisan.

Menurut Dirjen Penerbangan Sipil, hal itu terjadi karena pilot dalam penerbangan dari Mumbai ke Jaipur lupa menghidupkan sistem untuk mempertahankan tekanan kabin, sehingga penumpang meras pengap dan kesulitan bernapas.

"Penerbangan 9W 697 Mumbai-Jaipur kembali ke Mumbai setelah lepas landas karena, selama pendakian, kru lupa untuk memilih saklar untuk mempertahankan tekanan kabin. Hal ini mengakibatkan masker oksigen jatuh," kata Dirjen Deputi Ditjen Depag Lalit Gupta.

"Tiga puluh dari 166 penumpang mengalami pendarahan hidung dan telinga, beberapa juga mengeluh sakit kepala,” tambahnya.

Penumpang Prashant Sharma mengatakan masker udara dikerahkan sekitar 5-10 menit ke dalam penerbangan, dan mengatakan dia tidak pernah menyadari terbang dengan kondisi yang sangat menakutkan.

Lebih dari 30 penumpang mengalami mimisan dan banyak sakit kepala, lapor NDTV. Satu dibawa ke rumah sakit. Beruntung opesawat Jet Airways Boeing 737 mendarat dengan selamat di Mumbai.

"Semua tamu dideportasi dengan aman dan dibawa ke terminal," ujar pihak maskapai dalam sebuah pernyataan.  

"Pertolongan pertama diberikan kepada beberapa tamu yang mengeluh sakit telinga, hidung berdarah, dll. Awak kokpit penerbangan telah dilepas dari tugas yang dijadwalkan menunggu penyelidikan,” tambahnya.

Dalam insiden terpisah awal tahun ini, penerbangan Jet Airways lain harus kembali di tengah penerbangan ketika dua pilot terlibat perkelahian dan meninggalkan kokpit pesawat tanpa pengawasan selama penerbangan dari London ke Mumbai.

Kedua pilot dipecat dari maskapai swasta setelah insiden tersebut.

TAGS : India Maskapai Pilot Jet Airways




TERPOPULER :