Rabu, 12/12/2018 09:33 WIB

Hipertensi Mengintai Jika Konsumsi Garam Berlebih

WHO telah mengeluarkan panduan bahwa masyarakat sebaiknya mengonsumsi sekitar 5 gram garam meja.

Jumlah konsumsi garam yang baik untuk tubuh adalah 3000 mg NaCL atau setara dengan setengah sendok garam (Foto: HSE Center)

Jakarta - Sodium sangat penting untuk kesehatan manusia. Tanpa sodium, kita tidak dapat mengontraksikan otot dan sistem saraf tidak akan berfungsi karena kita tidak dapat mentransmisi impuls saraf.

Selain penting untuk kesehatan perorangan, dapat dikatakan bahwa garam bertanggung jawab atas kelangsungan hidup kita sebagai spesies.

Pada zaman kuno, makanan tidak selalu tersedia. Musim dingin yang sulit dapat mengganggu perburuan dan musim semi yang kering dapat merusak panen.

Sebagai hasilnya, selama ribuan tahun manusia telah menggunakan garam sebagai pengawet makanan, termasuk daging, mentega, dan bahkan roti, sehingga menjamin ketersediaan sumber makanan bergizi sepanjang tahun.

Konsumsi garam hanya salah satu penyumbang tekanan darah tinggi, namun dibandingkan sejumlah faktor lainnya seperti keturunan atau stres, konsumsi garam sedikit lebih mudah dikontrol.

Namun, fakta bahwa konsumsi garam meja yang berlebihan dapat mengakibatkan hipertensi telah diterima secara luas. Bagaimana sesuatu yang sangat penting untuk kesehatan kita juga bertanggung jawab atas tekanan darah tinggi sebagai "pembunuh terselubung"?

Singkatnya, semakin banyak sodium dalam tubuh, semakin sulit untuk menghilangkan air berlebih dalam darah. Secara sederhana, ini berarti cairan dalam aliran darah Anda lebih banyak, sehingga tekanan lebih tinggi.

Itulah sebabnya WHO telah mengeluarkan panduan bahwa masyarakat sebaiknya mengonsumsi kurang dari 2 gram sodium per hari, yang setara dengan sekitar 5 gram garam meja. Selain itu, negara anggota WHO telah setuju untuk mengurangi asupan garam populasi dunia sebesar 30 persen pada tahun 2025.

TAGS : Garam Hipertensi Sodium




TERPOPULER :