Jum'at, 19/04/2024 21:28 WIB

Masyarakat Indonesia Tak Bisa Lepas dari Masakan Pedas

Minat masyarakat Indonesia pada saus sambal kian meningkat yang dibuktikan dengan penambahan konsumsi sebanyak 12-13 persen.

Cabai (Foto: Instagram/Kemendag)

Jakarta - Minat masyarakat Indonesia terhadap sambal yang terus meningkat ini juga sejalan dengan banyaknya inovasi rasa pedas baru yang kerap menjadi tren, seperti contohnya ayam geprek, steak sambal matah, sate taichan, dan lain sebagainya.

Hal ini menunjukkan bahwa geliat pecinta kuliner terhadap kreasi santapan pedas telah memberikan ruang untuk berinovasi dan menawarkan suatu sensasi unik.

Foods Director PT Unilever Indonesia Tbk Hernie Raharja menjelaskan bahwa unsur kelekatan masyarakat Indonesia dengan sambal merupakan salah satu pemicu dihadirkannya Jawara.

Sejak dulu, sambal bisa dikatakan sebagai simbol kedewasaan, karena di zaman dulu saat kita kecil, kita akan dianggap dewasa kalau sudah bisa menyantap makanan dengan sambal. Selain itu, sambal juga dikenal sebagai simbol keberanian, karena hanya orang-orang pemberani yang mau menyiksa lidahnya dengan rasa pedas.

"Sambal dianggap sebagai simbol kehidupan, karena komposisinya yang beragam dan tidak bisa hanya terdiri dari cabai saja, namun juga harus ditambahkan garam, bawang, dan sebagainya agar bercita rasa lezat. Layaknya hidup, sambal terasa nikmat bila memiliki banyak rasa," ungkapnya.

Selain faktor kearifan lokal yang memicu lahirnya Jawara, Unilever Indonesia juga percaya diri untuk merintis inovasi dari nol pertama kalinya pada brand dari sektor makanan ini karena dilatarbelakangi oleh pertumbuhan konsumsi saus sambal di Indonesia sekitar 12-13 persen

Hal Inilah yang kemudian memicu Unilever untuk menghadirkan inovasi rasa pedas baru melalui Jawara, salah satunya dengan menambahkan bawang goreng sebagai elemen pembedanya.

Bawang goreng sendiri dipilih karena bahan makanan tersebut 100% berasal dari Indonesia yang dicintai oleh seluruh lapisan masyarakat untuk dijadikan pelengkap aneka jenis makanan. Ibaratnya, menyantap makanan apapun akan lebih nikmat bila dibubuhi bawang goreng.

Tentunya karena aroma dan rasa sedap yang dihasilkan bawang goreng mampu menambahkan rasa gurih terhadap cita rasa masakan dan cocok untuk dipadukan ke hampir seluruh masakan dari Sabang sampai Merauke.

Dalam menyuguhkan sensasi pedas yang baru bagi masyarakat Indonesia, Jawara sebagai produk yang 100% asli Indonesia bersinergi dengan para pelaku industri lokal. Tidak hanya itu, unsur lokal terletak pada penggunaan bahan baku cabai yang dibeli langsung dari petani lokal melalui kerjasama Prestani dan Eragano sebagai start-up agrikultur Indonesia.

"Selain memberikan kepuasan kepada para konsumen dan pecinta kuliner pedas, kami juga bermaksud untuk meningkatkan taraf hidup para produsen yang merupakan petani cabai lokal, di mana hal ini selaras dengan salah satu komitmen Unilever Sustainable Living Plan (USLP) milik kami,” ungkap Hernie.

KEYWORD :

Cabai Saus Sambal Masakan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :