Jum'at, 26/04/2024 04:56 WIB

Putra Mat Solar Jadi Wisudawan Berprestasi di ITS

Adalah Mikhail Ali Shidqi menjadi satu dari 777 orang mahasiswa yang diwisuda oleh ITS.

Mat Solar

Surabaya – Putra pelawak kawakan Nasrullah alias Mat Solar lulus sebagai wisudawan berprestasi di Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS), dalam gelaran wisuda ke-118 hari pertama, Sabtu (15/9). Adalah Mikhail Ali Shidqi menjadi satu dari 777 orang mahasiswa yang diwisuda oleh ITS.

Kehadiran Mat Solar dipuji oleh Rektor ITS, Prof Ir Joni Hermana MScES PhD. Ia terharu, kendati dalam keadaan sakit, artis yang dikenal perannya dalam sinetron komedi Bajaj Bajuri ini tetap menghadiri acara wisuda putranya.

“Ini adalah contoh orang tua yang sangat baik dalam melaksanakan tanggung jawabnya,” tutur Joni.

Mikhail termasuk mahasiswa Teknik Sistem Perkapalan yang berprestasi di kampus ITS. Tergabung dalam tim Marine Solar Boat, Mikhail mampu berkontribusi untuk merancang perahu bertenaga surya. Bahkan perahu yang bernama Jalapatih karya timnya sempat meraih juara III dalam Solar Boat Competition 2018 di Belanda, belum lama ini.

Mat Solar memandang positif kelulusan putranya dari teknik sistem perkapalan. Menurutnya, masa depan lulusan teknik sistem perkapalan bergantung kepada ilmu dasar yang telah diajarkan.

“Apabila dasar ilmu perkapalan sudah menguasai, para lulusan bisa untuk berfikir mengenai masa depan mereka,” ujar Mat Solar di atas kursi roda.

Mat Solar menambahkan, sumber daya manusia di bidang perkapalan sangat banyak. Karena itu program pemerintah tentang laut harus segera terealisasi dengan cepat dan benar.

“Wisudawan ini memiliki banyak pengetahuan tentang pemanfaatan sumber daya laut, sangat rugi apabila tidak bisa diimplementasikan pada negara Indonesia,” kata pria asli Betawi ini.

Menurut Mat Solar, kampus ITS telah membantu Indonesia di bidang kemaritiman. Salah satu contohnya, keberadaan PT PAL yang dibangun oleh presiden ketiga Republik Indonesia Prof BJ Habibie.

“Habibie membangun PT PAL karena ada kampus ITS, kampus yang juga dikenal sebagai kampus maritim,” imbuhnya.

KEYWORD :

ITS Mat Solar Artis




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :