Jum'at, 19/04/2024 10:05 WIB

Saudi Buka Peluang Perempuan jadi Pilot

Perusahaan yang berpusat di Arab Saudi itu juga membuka lowongan kerja sebagai awak kabin untuk 20 wanita dan 15 laki-laki.

pesawat

Riyadh - Setelah membolehkan perempuan mendatangi tempat-tempat keramaian dan mengenderai mobil, Arab Saudi membuka kesempatan untuk para wanita yang hendak menjadi asisten pilot dan pramugari.

Melalui media sosial Twitter, perusahaan Flynas Airline yang berbasis di Arab Saudi mengumumkan pihaknya mulai menerima perempuan warga Arab Saudi dalam program pelatihan pilot.

Berdasarkan pengumuman tersebut, kriteria calon pilot yang dicari adalah berkewarganegaraan Arab Saudi, memiliki setidaknya ijazah Sekolah Menenga Atas (SMA) sederajat dan sertifikat penerbangan, serta usianya tidak melebihi 35 tahun.

Selain itu, media lokal, Sabq,  mengatakan, perusahaan berpusat di Arab Saudi itu juga membuka lowongan kerja sebagai awak kabin untuk 20 wanita dan 15 laki-laki.

Flyadeal ini akan memperkerjakan perempuan warga Arab Saudi untuk pertama kali. Ini juga akan menjadi langkah pertama dalam sejarah penerbangan negara tersebut.

Negeri yang dijuluki Petro dolar itu berhadap dengan adanya kebijakan tersebut akan mendukung sektor penerbangan bagi negara tersebut.

Menurut dekrit Raja Salman bin Abdulaziz pada 26 September tahun lalu, kaum wanita berkesempatan untuk memiliki surat izin mengemudi dan kebijakan tersebut telah berlaku sejak 24 Juni lalu.

Arab Saudi akan meningkatkan partisipasi perempuan dalam dunia tenaga kerja dari 22 persen menjadi 30 persen pada tahun 2030. (aa)

KEYWORD :

Arab Saudi pilot




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :