Rabu, 24/04/2024 20:39 WIB

Kebun Binatang Kolombia Rayakan Kelahiran Monyet Laba-laba

Monyet laba-laba atau spider monkey merupakan spesies kera yang sudah terancam punah dewasa ini.

Monyet laba-laba (Foto: AFP)

Bogota – Kebun Binatang San Fe di Kolombia merayakan kelahiran seekor monyet laba-laba, yang lahir pada Minggu pekan lalu. Monyet laba-laba atau spider monkey merupakan spesies kera yang sudah terancam punah dewasa ini.

Dalam sebuah keterangan kepada AFP, Koordinator Flora dan Fauna Kebun Binatang San Fe, Carolina Diaz, mengatakan masih belum banyak informasi yang dia dapatkan tentang bayi monyet tersebut.

“Kami masih tidak tahu apakah perempuan atau laki-laki, karena kami mencoba memisahkan bayi dan ibunya dengan cara yang paling alami,” kata Diaz pada Jumat (14/9).

“Sekarang bayinya masih bergantung pada ibunya,” imbuhnya.

Monyet berambut hitam itu beratnya sekitar satu kilogram dengan tinggi 20 sentimeter. Ini merupakan kelahiran ketiga monyet laba-laba di Kebun Binatang San Fe sejak 2012.

Dengan kelahiran bayi monyet laba-laba, kini Kebun Binatang San Fe telah memiliki 20 monyet laba-laba. Diaz berharap jumlah itu terus meningkat, karena satu ekor jantan dan beberapa betina di antaranya tergolong subur.

“Tahun mendatang mungkin kami akan memiliki lebih banyak kelahiran,” jelasnya.

Monyet laba-laba merupakan spesies yang habitat alaminya ialah hutan hujan tropis. Spesies tersebut termasuk dalam 25 primata yang paling terancam punah di dunia, karena perburuan liar dan pembabatan hutan.

KEYWORD :

Monyet Punah Kolombia Binatang




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :