Jum'at, 16/11/2018 20:39 WIB

Kebiasaan Overthinking Bisa Bikin Anda Stres

Dalam banyak situasi, kebiasaan overthinking dapat menghambat Anda untuk melakukan sesuatu.

Ilustrasi stres

Jakarta - Merasa galau, pusing, bingung, atau berada dalam dilema adalah hal yang sangat lazim. Mungkin pikiran-pikiran di atas pun pernah terpikirkan oleh Anda.

Namun, bagaimana jika pikiran-pikiran tersebut tidak hanya selintas saja ada dalam pikiran, melainkan selalu ada, bahkan terus bertambah? Rasanya, saat akan melakukan hal kecil atau saat Anda melakukan kesalahan sedikit saja pikiran buruk langsung memenuhi seakan tak berkesudahan.

Jika Anda merasa seperti itu, mungkin Anda adalah seorang overthinker atau seseorang yang terlalu banyak berpikir.

Dalam banyak situasi, kebiasaan overthinking ini dapat menghambat Anda untuk melakukan sesuatu. Selain itu, tentu saja kebiasaan ini akan membuat Anda merasa stres.

Nah, untuk mengatasi kebiasaan overthinking, yuk, coba langkah-langkah seperti yang dilansir dari Journal Sociolla berikut ini:

1. Analisis situasi dengan logis

Saat pikiran-pikiran negatif mulai memenuhi benak Anda, coba pelan-pelan berpikir dengan logika, yuk! Memangnya sudah pasti kalau apa yang Anda bayangkan itu akan terjadi? Kan belum tentu. Toh, Anda tidak bisa memprediksi masa depan juga.

Selain itu, coba Anda pikirkan, memangnya hal terburuk apa sih yang dapat terjadi dalam situasi Anda? Jika Anda khawatir saat akan melakukan presentasi, mungkin hal terburuk yang dapat terjadi hanyalah Anda sedikit lupa apa yang ingin Anda sampaikan,l.

2. Fokus pada solusi

Memikirkan hal-hal apa saja yang mungkin berakhir buruk memang lebih mudah daripada berpikir pada hal yang positif, namun bukan berarti hal tersebut tidak mungkin. Saat Anda mulai membuat daftar 1-100 kemungkinan terburuk, alih alih stres dengan daftar tersebut, Anda bisa mencoba berpikir solusi untuk tiap-tiap kemungkinan tersebut.

Misalnya Anda memikirkan kemungkinan bahwa konsep acara yang Anda ajukan ditolak, mungkin Anda bisa mengatasinya dengan mencari solusi alternatif konsep acara lainnya.

3. Alihkan pikiran Anda

Semakin dilarang, biasanya malah akan semakin dilakukan. Hal ini pun berlaku untuk kebiasaan overthinking. Semata-mata memberitahu diri bahwa Anda tidak boleh overthinking dan harus berhenti mungkin malah akan membuat Anda memikirkan hal-hal buruk lainnya tentang diri Anda.

Jika Anda menyadari sudah berada dalam situasi dimana Anda berpikir terlalu jauh, coba pikirkan hal-hal lain saja, yuk! Misalnya pikirkan enaknya makan es krim, kafe lucu apa yang ingin Anda sambangi di akhir pekan, atau film-film apa yang ingin Anda tonton. Melakukan hal lain seperti membaca buku atau merajut juga bisa membantu, lho!

TAGS : Stres Overthinking Kebiasaan




TERPOPULER :