Sabtu, 22/09/2018 23:40 WIB

Tak Hanya Desainer, Ajang Ini Ciptakan Fashionpreneur

Indonesia memiliki potensi kreatif yang dapat menjadi kekuatan ekonomi baru yakni inovasi produk fashion. 

Fashion desainer Barli Asmara dan Ria Miranda (Foto: Istimewa)

Jakarta - Pada tahun ini, untuk ketiga kalinya Wardah menggelar Wardah Inspiring Young Designer Competition (WIYDC) yang bertujuan memberikan ruang dan kesempatan kepada mahasiswa sekolah fashion dan desainer muda Indonesia untuk menciptakan dan menampilkan karyafashion.

WIYDC 2018 akan berlangsung dari 1 September -26 Oktober 2018 dan finalis akan berkesempatan untuk tampil di panggung Jakarta Fashion Week 2019.

WIYDC ialah program berkelanjutan ajang pencarian dan kompetisi fashion yang diperuntukan bagi desainer muda Indonesia. Program ini bertujuan untuk memfasilitasi bakat-bakat desainer muda dalam mengembangkan ide-ide yang kreatif dan inspiratif. 

Tidak hanya berkompetisi, pada program ini Wardah juga bekerja sama dengan fashion designer yang juga sekaligus juri WIYDC 2018 untuk memberikan edukasi dan pendampingan selama program berjalan.

Manager Public Relations Wardah Elda Maharani menjelaskan Indonesia memiliki potensi kreatif yang dapat menjadi kekuatan ekonomi baru, salah satu potensi tersebut adalah bakat generasi dalam menciptakan sebuah inovasi produk fashion.

"Oleh karena itu untuk memberi ruang dan kesempatan kepada generasi muda dalam berkarya kami kembali menggelar WIYDC," ujarnya.

Sejak diselenggarakan pertama kali pada tahun 2016, program ini merupakan inkubator dan fasilitator bagi desainer muda untuk peningkatan kemampuan, keterampilan, penciptaan sebuah karya, dan termasuk dalam memberikan pemahaman bisnis sehingga mereka siap untuk menjadi seorang fashionpreneur.

Pada tahun ini WIYDC 2018 akan mengangkat tema “The Unstoppable You” yang terinspirasi dari lini produk premium terbaru Wardah yaitu Instaperfect: All Day Perfection For Your Unstoppable Move. 

Instaperfect merupakan rangkaian produk yang diperuntukan untuk memenuhi kebutuhan kecantikan perempuan masa kini.

Tema “The Unstoppable You” menantang peserta untuk membuat karya desain yang yang menggambarkan perempuan yang aktif, dinamis, progresif, modern, namun tetap tampil cantik dengan kekuatan dan kepercayaan diri yang prima.

Barli Asmara, perancang busana dan juri WIYDC 2018 menyampaikan kepada 250 mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta jurusan Tata Busana “Sesuai tema yang telah ditetapkan, Wardah mengajak teman-teman sekolah untuk dapat mencari inspirasi yang seluas-luasnya, tanpa batas.

"Ciptakan sebuah desain yang menggambarkan Instaperfect: All Day Perfection For Your Unstoppable Move. Program juga menstimulis peserta untuk berani mewujudkan mimpi mereka dan membagi inspirasi kepada banyak orang," ujarnya.

WIYDC 2018 akan melakukan sosialisasi ke kampus dan sekolah mode di 3 kota besar yaitu Yogyakarta, Bandung, dan Jakarta. Sekolah yang dituju antara lain Universitas Negeri Yogyakarta dan LPK Adana, Telkom University, Sekolah Tinggi Desain Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, dan Susan Budihardjo. 

Kunjungan di masing-masing kota akan menghadirkan pembicara fashion designer dan sekaligus juga juri WIYDC 2018 seperti Barli Asmara, Norma Hauri, dan Ria Miranda.

WIYDC 2018 terdiri dari beberapa tahapan yang harus diikuti oleh peserta, dimulai dari registrasi dan penyerahan desain, melakukan presentasi di hadapan dewan juri, hingga mengikuti mentoring bersama fashion designer. 

WIYDC 2018 akan memilih 12 finalis yang nantinya berkesempatan untuk menampilkan karya mereka di panggung Jakarta Fashion Week 2019.

“Semoga melalui program ini, pengalaman dan ilmu yang didapat dari WIYDC 2018 dapat menciptakan generasi desainer muda yang tidak hanya mampu menciptakan karya fashion, tetapi nantinya juga siap untuk menjadi fashionpreneur dan memajukan industri mode dalam negeri” tutup Elsa.

 

TAGS : Desainer Muda Ekonomi Kompetensi




TERPOPULER :