Rabu, 19/09/2018 23:23 WIB

Gebyar Haornas Tanda Dimulainya Rangkaian Haornas 2018

Puncak perayaan Haornas 2018 itu sendiri berlangsung di Stadion Kei Hara pada 9 September mendatang.

Pembukaan Gebyar Haornas di Dhuafa Center, Ternate, Jumat (7/9).

Ternate - Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2018 yang mengambil tema `Ayo Olahraga Bangun Indonesia` di Ternate, rangkaiannya ditandai oleh pembukaan Gebyar Haornas di Dhuafa Center, Ternate, Jumat (7/9). Puncak perayaan Haornas 2018 itu sendiri berlangsung di Stadion Kei Hara pada 9 September mendatang.

Pemukulan tifa yang dilakukan oleh  Walikota Ternate Burhan Abdurahman bersama Deputi 3 Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta dan pejabat  linkungan Pemkot di Dhuafa Center, Ternate, Jumat (7/9), menandai resminya dibuka gelaran gebyar Haornas 2018.

Dalam sambutannya, Walikota Ternate Burhan Abdurahman mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan Kemenpora terharap Kota Ternate menggelar acara puncak Haornas 2018.

"Itu suatu kepercayaan dan tanggung jawab kami untuk memasyarakakan olahraga di Ternate," ucapnya.

Langkah cepat pun dilakukan Burhan bersama jajarannya ketika dipilih dari tiga kandidat kota penyelenggara Haornas 2018.

"Kami langsung membentuk panitia daerah. Kami pun berkerjasama dan bersinergi dengan panitia pusat agar acara ini terselenggara dengan baik," tambahnya.

Sementara Raden Isnanta mengungkapkan jika ajang Haornas 2018 kali ini terasa sangat istimewa. Pasalnya, Indonesia baru saja menggelar Asian Games 2018 yang dinilai sukses penyelenggaraan dan prestasi.

"Bukan itu saja, Oktober nanti Indonesia akan menggelar Asian Para Games 2018 dan ini menjadi momen terbaik untuk mengevaluasi olahrahga Indonesia," terangnya.

Tak heran momen ini pun sejalan dengan tema Haornas 2018, Ayo Olahraga, Bangun Indonesia.

"Kami ingin olahraga ini bisa membangun semua lini. Kami ingin masyarakat Indonesia, khususnya di Ternate ini untuk mencintai dan melakukan olahraga," tutur Raden Isnanta.

Pelaksanaan Haornas 2018 ini terbilang berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Untuk kali pertama puncak acara dilakukan di luar Pulau Jawa.

Hal ini terkait dengan keinginan Presiden RI Joko Widodo semua hal dilakukan di pulau terluar Indonesia.

"Meski Ternate tidak terlalu luar, tapi setidaknya ini awal kegiatan dilakukan di Indonesia Timur," ungkap Raden Isnanta. 

Sementara itu dalam rangkaian Haornas 2018 ini, panitia akan menggelar sejumlah acara yang dimulai 7 hingga 9 September.

Selain diisi pameran yang diikuti 40 stand, event ini pun akan memperkenalkan olahraga tradisional serta seminar. Bukan itu saja, Sepeda Nusantara pun akan menyemarakkan event nasional tersebut yang rencananya akan menempuh jarak 10 km.

Peristiwa yang tak bisa dilupakan adalah pawai obor api Asian Para Games 2018 pada Minggu (9/9). Api ini nantinya akan dinyalakan di Gelora Kie Raha bertepatan dengan puncak Haornas 2018 yang akan dimeriahkan artis Ibu Kota, seperti Yopie Latul, Cakra Khan dan Seventeen Band.

TAGS : Haornas 2018 Ternate




TERPOPULER :