Kamis, 22/11/2018 17:47 WIB

Kurang Olahraga, 1,4 Miliar Penduduk Dunia Terancam Penyakit Mematikan

Para dokter dunia memperingatkan hal ini, menyusul aktivitas global yang hampir tidak berubah dalam dua dekade terakhir.

Olahraga bisa menghindari Anda dari berbagai penyakit (Foto: Mladensky)

Jakarta – Lebih dari 1,4 miliar orang dewasa berada pada risiko tinggi terkena penyakit mematikan, karena kurang berolahraga. Para dokter dunia memperingatkan hal ini, menyusul aktivitas global yang hampir tidak berubah dalam dua dekade terakhir.

Dilansir dari AFP, penelitian yang dilakukan oleh World Health Organization (WHO) ini menemukan, sepertiga perempuan dan seperempat laki-laki di seluruh dunia, saat ini rentan terjangkit penyakit jantung, diabetes, dan kanker. Seluruh risiko itu hanya bisa ditekan lewat aktivitas fisik yakni berolahraga.

“Aktivitas fisik yang tidak mencukupi merupakan faktor utama penyakit tidak menular, dan memiliki efek negatif pada kesehatan mental dan kualitas hidup,” demikian isi penelitian yang diterbitkan oleh The Lancet Global Health Journal, pada Rabu (5/9) kemarin.

Penelitian melibatkan 1,9 juta orang di 168 negara di dunia selama 2016 lalu. Dan hasilnya, peneliti tidak menemukan adanya peningkatan aktivitas fisik sejak 2001 silam, kendati masyarakat menyatakan bahwa olahraga bermanfaat untuk diri mereka.

“Lebih dari seperempat orang dewasa (1,4 miliar) tidak cukup aktif. Dan tidak ada kemajuan untuk itu,” ujar peneliti utama dari WHO, Regina Guthold.

Untuk mengatasi masalah ini, WHO merekomendasikan, setiap orang dewasa setidaknya melakukan 150 menit latihan dengan intesitas sedang, seperti jalan cepat, berenang atau bersepeda per minggu, atau 75 menit latihan intensitas kuat, seperti lari atau olahraga tim.

TAGS : Olahraga Kesehatan




TERPOPULER :