Rabu, 21/11/2018 01:01 WIB

Film "First Man" Disebut Tak Nasionalis, Begini Respon Anak Neil Amstrong

Karena tak menunjukkan adegan penancapan bendera Amerika Serikat, First Man dinilai tak patriotik.

Astronot AS di Bulan (foto: Google)

New York – Film "First Man" yang menceritakan perjalanan pertama manusia dari Bumi ke Bulan mendapatkan sejumlah kritik. Karena tak menunjukkan adegan penancapan bendera Amerika Serikat, First Man dinilai tak patriotik.

Namun pada Jumat (Sabtu waktu setempat), putra Neil Amstrong, Rick dan Mark Amstrong angkat bicara. Menurut keduanya, film yang mengisahkan tentang ayah mereka tersebut untuk menggambarkan perjalanan ke Bulan, dan mengungkap sosok di balik mitos-mitos yang berkembang.

“Kisah ini tentang manusia, dan universal,” ujar Rick dan Mark Amstrong.

“Tentu saja ini merayakan prestasi Amerika. Tapi ini juga merayakan prestasi untuk seluruh umat manusia, seperti yang tertulis di plakat Neil dan Buzz (Aldrin) yang tertinggal di Bulan,” lanjutnya.

Pembelaan juga datang dari pemeran First Man, Ryam Gosling dan sutrada Damien Chazelle. Penancapan bendera AS memang ada dalam sejarah Neil Amstrong ke Bulan, namun tidak menjadi fokus dalam film yang akan tayang pada 12 Oktober mendatang itu.

“Bendera yang secara fisik ditanam ke permukaan adalah salah satu dari beberapa momen Apollo 11 yang saya pilih untuk fokus (pada hal itu),” ujar Gosling.

“Untuk menjawab pertanyaan apakah ini memiliki unsur politis, jawabannya tidak,” balas Chazelle.

Diketahui, politisi asal Partai Republik Marco Rubio mengkritik film First Man karena dinilai tak mencerminkan nilai patriotisme. Rubio juga menegaskan bahwa misi ke Bulan merupakan misi AS pada waktu itu.

“Orang-orang Amerika membayar untuk misi itu. Roket dibangun oleh teknologi Amerika dan membawa astronot Amerika. Itu bukan misi PBB!” tegas Rubio dilansir dari AFP.

TAGS : Film Neil Amstrong Bulan




TERPOPULER :