Sabtu, 22/09/2018 12:17 WIB

Kementan: Tak Cukup Satu Lembaga Pangkas Kemiskinan

Kemiskinan tidak bisa diselesaikan hanya satu Kementerian Sosial (Kemensos) saja, tapi perlu dukungan dari Kementerian lain dan pemerintah daerah

Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan I Ketut Diarmita (Foto: Kementan)

Jember - Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian (Kementan), I Ketut Diarmita kembali melakukan Sosialisasikan Kegiatan Program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja) di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Pada kesempatan tersebut, I Ketut menjelasakan, pemerintah saat ini memiliki berbagai program penanggulangan kemiskinan yang terintegrasi mulai dari program penanggulangan kemiskinan berbasis bantuan sosial, pemberdayaan masyarakat, serta pemberdayaan usaha kecil. 

Selanjutnya terdapat empat kegiatan penanggulangan kemiskinan yang ditetapkan dalam melakukan percepatan penanggulangan kemiskinan, yaitu Padat karya (cash for work), Penanganan stunting, Pengentasan daerah rentan rawan pangan, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT atau Rastra.

"Kemiskinan tidak bisa diselesaikan hanya satu Kementerian Sosial (Kemensos) saja, tapi perlu dukungan dari Kementerian lain dan pemerintah daerah," terang I Ketut.

Karena itu, sebagai implementasi Peraturan Presiden tentang Percepatan Penanggulangan Kemiskinan, maka Kementan dalam mendukung upaya penanggulangan kemiskinan telah mencanangkan Program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja) Berbasis Pertanian.

Bantuan yang diberikan oleh Kementan berupa ternak ayam, itik, atau kambing, serta bibit buah-buahan dan tanaman perkebunan. Untuk mensukseskan program ini I Ketut Diarmita meminta adanya sinergi antara pusat dan daerah dalam pelaksanaan kegiatan.

"Saya berharap kita semua dapat saling bekerjasama bahu-membahu untuk kesuksesan pelaksanaan Program Bekerja 2018, sehingga tujuan yang kita inginkan untuk meningkatkan pendapatan RTM dan menurunkan angka kemiskinan dapat tercapai," kata I Ketut.

"Koordinasi dangan aparat desa harus terus dilakukan untuk memastikan pendistribusian paket bantuan sesuai dengan petunjuk teknis yang sudah ditetapkan," sambungnya.

Selain kunjungan kerja juga dilakukan monitoring untuk melihat kesiapan RTM yang akan mendapatkan bantuan ayam, pakan dan obat-obatan yang akan diserahkan sekitar minggu ke empat bulan September 2018.

Hadir dalam acara tersebut, Sekretaris Daerah (Setda) Kab. Jember dan unsur muspida lingkup Pemda Jember,  Penanggungjawab lokasi BEKERJA lingkup Kementerian Pertanian, Tim Pakar, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Jember,  Komandan Kodim Kabupaten Jember, dan Kapolres Kabupaten Jember.

Selain itu hadir juga, Kepala Dinas/Kelembagaan Peternakan/Pertanian Provinsi Jawa Timur dan Kabupaten lokasi Bekerja, Camat Ledokombo, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dan 30 Kepala Desa di Kecamatan Ledokombo, Kecamatan Kalisat dan Kecamatan Gumuk.

TAGS : Kementan Dirjen PKH I Ketut Diarmita Bekerja




TERPOPULER :