Jum'at, 21/09/2018 11:42 WIB

Ternyata Kambing Mampu Bedakan Ekspresi Manusia

Membaca ekspresi tak cuma bisa dilakukan oleh manusia. Dalam penelitian terbaru, kambing pun memiliki keahlian tersebut.

Kambing

Jakarta – Membaca ekspresi tak cuma bisa dilakukan oleh manusia. Dalam penelitian terbaru, kambing pun memiliki keahlian tersebut.

Menurut sekelompok peneliti dari Eropa dan Brasil, saat seekor kambing ditunjukkan dua gambar dari orang yang sama dengan ekspresi yang berbeda, yakni marah dan bahagia, ternyata dalam 20 kali percobaan kambing secara konsisten lebih sering memilih ekspresi bahagia.

Kambing tampak berinteraksi rata-rata 1,4 detik dengan wajah bahagia, dan 0,9 detik dengan wajah marah,” kata peneliti asal Queen Mary University of London Christian Nawroth dilansir dari AFP pada Rabu (29/8).

“Itu berarti kambing menghabiskan 50 persen lebih banyak waktu melihat dengan gambar bahagia dibandingkan dengan yang marah,” lanjutnya.

Penelitian yang dipublikasikan di Jurnal Royal Society Open Science ini menjadi klaim pertama bahwa kambing dapat membaca ekspresi dan emosi manusia.

“Ternak memiliki pikiran yang canggih untuk menafsirkan lingkungan mereka,” ujar Nawroth.

Tak seperti anjing dan kuda, kambing tidak dijinakkan karena kemampuan mereka membaca dan menanggapi suasa hati manusia. Namun untuk menyediakan susu, daging, kotoran, dan bulu yang bisa dimanfaatkan sebagai mantel.

Peneliti pun mengambil kesimpulan bahwa bukan cuma kambing yang dapat membaca ekspresi manusia. Hewan ternak lainnya pun masih memungkinkan.

TAGS : Unik Kambing Emosi




TERPOPULER :