Jum'at, 19/04/2024 22:04 WIB

Ajak Pelajar Cinta Sains, PP IPTEK Gelar Lomba Roket Air

PP-IPTEK

Jakarta - Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP-IPTEK) Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) kembali menggelar lomba Roket Air untuk wilayah Jabodetabek dan Banten.

Lomba tersebut diselenggarakan pada tanggal 25-26 Agustus 2018 di anjungan PP-IPTEK, area kompleks TMII, Jakarta. Sementara para peserta berasal dari kalangan pelajar Sejabodetabek.

Direktur PP-IPTEK Kemenristekdikti Syachrial Annas mengatakan lomba ini merupakan ajang keterampilan bagi pelajar di bidang teknologi antariksa dengan roket air sebagai media dalam menjelaskan prinsip sains yang dikenal dalam hukum Newton.

Roket air itu sendiri terbuat dari bahan botol plastik kolaborasi dengan jumlah minimum dua botol yang dirakit menjadi satu bagian badan roket air.

“Bagian badan roket air ini dilengkapi dengan sirip roket terbuat dari bahan infraboard atau sterofoam tebal yang dipotong dan dibentuk seperti sirip roket pesawat ulang alik. Desain sirip roket ini bentuknya bisa macam-macam tergantung dari kreatifitas peserta. Namun lomba ini bentuk Striping roket sudah kami tentukan,” ujar Syachrial di Jakarta, Minggu (26/8).

Ia bersyukur animo peserta ikut lomba ini jumlahnya meningkat dan lebih besar ketimbang tahun sebelumnya.

“Jumlah peserta 435 orang pelajar terdiri dari 96 sekolah di Jabodetabek dan Banten. Mereka adu keterampilan dalam mendesain roket air dan meluncurkan roket air berdasarkan target sasaran. Yang jaraknya dari titik luncur sepanjang 50 meter,” kata Syachrial.

Ia memaparkan kegiatan ini sebagai tahap awal yang selanjutnya diadakan tingkat nasional hingga tingkat internasional se-Asia Pasifik yang tahun ini diselenggarakan Asia Pasifik Regional Space Agency Forum (APRSAF) di Singapura pada bulan November 2018.

“Tahun 2016 Indonesia juara ke-2 tingkat Asia Pasifik. Yang terpenting tujuan di acara ini adalah pengenalan slmslam-malam kit libatantuk kemajuan teknologi Riset film,” tambahnya.

Adapun pemenang lomba Roket Air Regional Jabodetabek, Serang dan Cilegon 2018 adalah: Juara 1 Firza Alzena Janeta (SMP Al Muslim Bekasi), Juara 2 Annas Tasya Marcela (SMP 73 Jakarta), Juara 3 Rafi Akbar Wibawa (SMA 46 Jakarta), Harapan 1 Laurencia Yulianto (SMA Pax Patriae Bekasi), Harapan 2 Maximus Uzia Gunawan (SMP Tunas Agung Tangerang) dan Harapan 3 M Hilmi (SMAN 59 Jakarta).

 

KEYWORD :

PP IPTEK Teknologi Roket Air




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :