Rabu, 14/11/2018 11:51 WIB

International Folkfore Festival Tampilkan Lagu Daerah dan Tarian Adat Indonesia

Diah Ayu Lestari tampil dalam event International Folkrore Festival di kota Lviv, Ukraina. Lagu daerah dan bendera Merah Putih berkibar di Ukraina. 

Diah Ayu Lestari dengan busana Papua (Kiri Bawah) bersama tim Delegasi Indonesia. (Foto : Jurnas/Ginting)

Ukraina- International Folkrole Festival digelar di kota Lviv, Ukraina selama empat hari berturut-turut.  Event tersebut digelar setiap tahunnya dalam rangkaian menyambut Hari Kemerdekaan Ukraina, yang jatuh setiap tanggal 24 Agustus.   

Tahun ini, Indonesia menjadi salah satu negara yang mendapat kehormatan untuk tampil di International Folkfore Festival . Selain Indonesia, ada 8  negara lainnya yakni Kroasia, Latvia, Italy, Swiss dan beberapa negara lainnya untuk menampilkan budayanya masing-masing.

Penyanyi muda yang memilik album jazz etnik dengan lagu-lagu daerahnya, Diah Ayu Lestari dipilih untuk membawa nama Indonesia di pentas international tersebut.  Gadis yang disapa Dede ini juga tampil dengan 7 penari yang mengenakan kostum adat Nusantara secara bergantian dari seluruh daerah di Indonesia. Termasuk pemain band yang mengiringi Diah Ayu Lestari pun mengenakan kostum adat Nusantara.

“Saya selalu antusias untuk tampil di event International dengan membawa lagu-lagu daerah Indonesia. Setelah beberapa negara lainnya, kini saya bisa tampil dengan penari lainnya di Lviv, Ukraina. Ini event yang bagus banget dan penontonnya begitu ramai. Mereka antusias menyaksikan pergelaran ini. Saya senang tampil dengan beberapa kostum adat Nusantara. Keren banget,” ungkap Diah Ayu Lestari di Lviv, Ukraina.

Diah Ayu Lestari membawakan beberapa lagu daerah, seperti  “Ondel-Ondel”, “Anging Mamiri”, “Cik Cik Priuk”, “Manuk Dadali” dan “Yamko Rambe Yamko” serta beberapa lagu lainnya. Penampilan mahasiswi PPM Manajemen ini membuat penonton terhibur dan gembira bisa melihat dan mendengarkan secara langsung lagu-lagu daerah dari Indonesia.

“Selama di Lviv, Ukraine saya tampil 4 hari berturut-turut bersama band pengiring dan penari. Jadi, banyak lagu daerah yang kita bawakan. Bangganya lagi, bendera kebangsaan kita, Merah Putih berkibar di atas stage dan juga pawai yang diadakan penyelenggara,” tandas Dede semangat.

Kordinator tim delagai Indonesia untuk Ukraina yang juga salah satu pengurus UNESCO oerwakilan Indonesia mengatakan, Indonesia untuk pertama kalinya terpilih dan tampil dalam event International Folkfore Festival yang telah diadakan sejak tahun 2008 lalu.

“Kami mempersiapkannya sejak lama. Dan untuk mengeksplore yang ada di Indonesia, kami siapkan berbagai kostum adat Nusantara dan juga tarian dari beberapa daerah diantaranya Batak, Jakarta, Sulawesi, Papua dan beberapa daerah lainnya. Penampilan tim delegasi kami menjadi unik dan menjadi pusat perhatian di event ini,” terang  Amanah Asri atau yang akrab disapa Aam ini.

Pelaksana event tersebut sekaligus keterlibatan Indonesia di dalamnya, tidak lepas dari peran Organization of Folkrole Festival and Traditional Art yang berada di bawah naungan UNESCO yang bekerjasama dengan organisasi non pemerintahan Dik Art Event Management Company.

“Tidak di Ukraine saja, kita juga telah tampil di beberapa negara lainnya di dunia dengan membawakan budaya Indonesia,” kata Aam yang juga memiliki Sanggar Nona Asri Indonesia.

TAGS : Kabar Artis Diah Ayu Lestari Ukraina




TERPOPULER :