Jum'at, 26/04/2024 04:34 WIB

Tetap Sehat Konsumsi Daging Kambing dengan Cara Ini

Ketahui beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar daging kambing menjadi santapan yang lebih sehat.

Anda tetap dapat menikmati daging kambing dengan cara sehat ini (Foto: Ilustrasi)


Jakarta - Daging kambing sebenarnya sehat untuk dikonsumsi. Namun, perhatian diperlukan pada pemilihan bagiannya serta cara memasaknya.

Prinsip memasak, jangan sampai menghilangkan nutrisi dan justru menambah "racun" pada bahan pangan yang semula sehat.

Dilansir dari laman Healthline, olahan daging kambing mengandung lemak tidak jenuh yang dapat menurunkan angka kolesterol dan lemak jenuh yang dapat meningkatkan kolesterol.

Nah, yang perlu diketahui, bagian-bagian daging kambing yang sedikit lemak jahatnya mencakup tenderloin, loin chops dan kaki.

Setelah memilih potongan daging kambing yang rendah lemak, perlu dipahami bagaimana pengolahan yang sehat dan tepat. Sebelum dimasak, daging kambing yang telah dipotong, sebaiknya segera dibersihkan dari lemak-lemaknya yang menempel.

Kemudian, jangan olah daging kambing dengan menggorengnya di dalam minyak, karena menambahkan lemak jahat pada tubuh. Sebaiknya, olah daging kambing dengan cara dipanggang, direbus atau diasap.

Biarkan lemak pada daging menetes saat diolah dan tidak menggumpal di bagian dagingnya. Dengan begitu, olahan daging kambing yang disajikan tidak mengandung lemak jahat.

Dalam satu porsi daging kambing, terdapat protein yang cukup tinggi, yaitu 25 gram. Tetapi seporsi daging kambing juga mengandung 2,6 gram lemak dengan 0,8 gram lemak jenuh dan 64 mg kolesterol.

Anda sebaiknya berhati-hati saat mengonsumsinya. Kolesterol diketahui dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung, yang masih menjadi penyebab kematian tertinggi di Indonesia.

Sebelum mulai memasaknya,g menjadi santapan yang lebih sehat, yaitu:

1. Pilih jenis daging

Saat memilih daging kambing, pilihlah bagian daging yang kandungan lemaknya paling sedikit. Setelah itu Anda bisa membuang bagian lemak yang masih tersisa sebelum mengolahnya.

2. Pilih cara mengolah yang sehat

Memasak daging kambing dengan cara dipanggang merupakan cara memasak yang lebih sehat. Dengan cara pengolahan ini, Anda tidak perlu menggunakan tambahan minyak, yang dapat menambah kandungan lemak jenuh dan kolesterol ke dalam masakan daging kambing Anda.

3. Buang kaldunya

Bila Anda ingin mengolah daging kambing menjadi sop, buanglah kaldu daging kambing yang terdapat pada air rebusan pertama. Kaldu kambing mengandung lemak yang sangat tinggi.

4. Hindari santan

Mengolah daging kambing dengan tambahan santan atau minyak, bukanlah pilihan yang tepat. Meskipun dapat membuat rasa masakan Anda menjadi lebih gurih dan lezat, namun hal tersebut  sama saja dengan menambahkan lemak dan kolesterol ke dalam daging kambing Anda.

 

 

 

KEYWORD :

Daging Kambing Sehat Tips Masak




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :