Jum'at, 16/11/2018 04:39 WIB

Curhatan Marcella Zalianty Soal Film Indonesia

PARFI ingin agar Indonesia bisa menjadi pelaku industri kreatif di negara sendiri.

Industri film sumbang PDB (Foto: Ecka Pramita)

Jakarta - Film memiliki sumbangan produk domestik bruto (PDB) terbesar kedua, yakni 10,09%. Jumlah penonton film di bioskop pun naik hampir tiga kali lipat selama dua tahun menjadi 42 juta orang pada 2017.

Bicara film, Ketua Persatuan Film Indonesia Marcella Zalianty mengatakan pelaku industri film Indonesia harusnya bisa punya peran yang dominan di negara sendiri.  

"Misalkan bagaimana film asing bisa pakai lokasi di Indonesia, kita bisa dominan, jadi tuan rumah di negeri sendiri," ujarnya saat ditemui Jurnas.com di acara peluncuran Krafbina  di Jakarta, Senin (20/8).

Saat film asing syuting di Indonesia diberikan insentif khusus bagi mereka yang menggunakan aktor Indonesia sebagai aktor dan artis utama dan kerja film karena mereka ikut terlibat.

Sekarang masih banyak pekerja kreatif yang bagus, tapi bagaimana nanti berapa tahun lagi kalau kita tidak memiliki sekolah film yang mumpuni untuk regenerasi ke depan.

Dengan begitu, kita bisa ikut mempublikasikan budaya Indonesia ke kancah internasional. Salah satunya membantu ekosistem kreatif diperlukan tidak hanya oleh pekerja kreatif tapi juga pemerintah harus hadir dan mendukung, dianggap penting selevel dengan olahraga.

"Kita bisa lihat Korea punya strategi kebudayaan yang matang bisa dilirik banyak negara dan bahkan punya pengaruh di Indonesia.Sementara modal kita lebih banyak karena kita kaya budaya," lanjutnya.

Melalui platform Kreatif Bangsa Indonesia ini Marcella ingin bisa semua sektor bisa saling bersinergi mewujudkan industri kreatif.

TAGS : Marcella Zalianty Film PARFI Industri Kreatif




TERPOPULER :