Jum'at, 16/11/2018 17:27 WIB

Keren! Penonton Prambanan Jazz 2018 Jaga Kebersihan di Sekitar Candi

Prambanan Jazz 2018 selalu melakukan evaluasi di setiap eventnya. Tahun ini, tidak ada sampah di sekitar lokasi Candi Prambanan

Kahitna dan RAN mendapat sambutan antusias dari penonton di Jogjakarta. (Foto : Jurnas/Ginting)

Jogjakarta- Hari pertama pergelaran Prambanan Jazz 2018 di pelataran Candi Prambanan, Jogjakarta, pada Jumat (17/8) usai digelar. Penampilan Iwa K, Rendy, Java Jive, . Tohpati yang menggandeng Sheila Majid, Rio Febrian, dan Marcell Siahaan untuk menyanyi bersama serta grup vokal RAN dan Kahitna yang tampil sebagai penutup membuat penonton puas dan pulang dengan tersenyum.

Promotor Rajawali Indonesia Communication (RIC) sebagai penggagas acara tersebut puas melihat jumlah penonton yang memadati area  Candi Prambanan dan juga penampilan seluruh pengisi acara.

“Ini malam dingin ya. Tapi bersukur sekali, lancar semuanya dan terlihat rapi. Tapi yang paling mencolok gak ada sampah ya. Dari tahun ke tahun kita memang mengalami perbaikan dan sekarang acara terjalin dengan baik dan rapi. Waktu tidak ada pergeseran yang berarti. Ya, semua sesuai harapan,” ungkap CEO RIC, Anas Syahrul Alimi, Sabtu (18/8) Dini Hari, usai acara.  

Tidak hanya dari sisi penonton dan juga penyanyi, kebersihan di pelataran Candi Prambanan juga menjadi perhatian Anas dan timnya untuk mengajak penonton menjaga kebersihan. Tata panggung Prambanan Jazz 2018 juga mendapat apresiasi dari penyanyi Marcell.

“Ya. Itu sebenarnya pelajaran dari tahun kemarin. Benar-benar kita melakukan evaluasi. Kita komunikasi juga dengan manager-nya dia. Kita komunikasikan semuanya,” tandas Anas lagi.

Jumlah artis pun semakin semarak dan beragam. Namun, sesuai dengan namanya Prambanan Jazz, Anas Syahrul Alimi juga memberi porsi lebih untuk penyanyi dan band bergenre jazz.

“Dari jumlah artis tahun ini ada 27 penampil. Ada dua panggung dengan spesial show yang berselisih 13 menit. Siang dua panggung itu kan festival show semua, saat malam baru jadi special show. Tahun ini juga 65% musisi jazz,” terang Anas.

“Kalau ada yang tanya kenapa di festival jazz ada musisi pop? Diana Krall tadi juga bilang kalau di festival jazz luar juga Lady Gaga main, Radiohead main. Biasa saja. Prambanan jazz cita citanya memang agar bisa membawa jazz diminati banyak orang. Strategi kami melakukan branding dulu. Jadi saat branding sudah jadi, ga peduli konten orang tetap akan menilainya bagus,” sambung Anas.
 
Namun, Anas juga enggan untuk memastikan kedepannya Prambanan Jazz 2018 murni diisi dengan musisi Jazz. Dirinya tetap mempertimbangkan keinginan penonton yang nantinya akan  berdampak bagus untuk terus mempromosikan Candi Prambanan bersama-sama penonton.

“Mungkin ga seratus persen ya. Tapi baru kali ini headline utama di prambanan jazz itu Diana Krall. Dia kan Queen of Jazz,  dia meraih 5 grammy dan banyak penghargaan lain. Harapannya tahun depan bisa naik lagi lebih dari 65%,” papar Anas.

Kesuksesan Prambanan Jazz bisa dilihat dari antusias penonton baik lokal Jogja dan juga yang datang dari berbagai kota lainnya. Efeknya pun sangat bagus untuk penonton dan penikmat musik.

“Pasti memiliki efek baik. Kalau bicara Jogja,  Jogja itu unik. Di jogja apa saja pertunjukan akan di tonton. Apalagi yang punya konsep. Tapi penonton kita masih 60% dari luar kota. Semua hotel penuh, penerbangan juga padat. Kebanyakan yang datang ke Jogja ya untuk nonton prambanan jazz sih. jadi kita yakin sebuah pertunjukan kalau dikonsep matang akan ada daya tariknya,’ tukas Anas tersenyum.

TAGS : Kabar Artis Anas Syahrul Alimi Prambanan Jazz




TERPOPULER :