Rabu, 14/11/2018 22:09 WIB

Mammografi Gratis Meriahkan HUT Polwan dan HKGB

Ketua YKPI Linda Agum Gumelar menyampaikan, pemeriksaan dini sangat penting dilakukan.

Ketua YKPI Linda Agum Gumelar (tiga dari kiri) dan Kepala Pusat Bhayangkari Coreta (dua dari kiri)

Jakarta – Pemeriksaan mammografi gratis mewarnai hari ulang tahun (HUT) polisi wanita (polwan) ke-70, dan Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari (HKGB) ke-66 di SDN 01 Pagi Cipinang Besar Selatan, Jakarta Timur pada Rabu (15/8).

Acara yang digelar berkat kerjasama dengan Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) tersebut, memberi kesempatan kepada para bhayangkari dan polwan, untuk melakukan deteksi dini kanker payudara, baik dengan sadanis (periksa payudara secara klinis) maupun mammografi.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua YKPI Linda Agum Gumelar menyampaikan, pemeriksaan dini sangat penting dilakukan. Sebab, nantinya akan menentukan jenis pengobatan bila mana ditemukan kanker payudara.

“Dengan sadanis dan mammografi, kanker yang berukuran satu hingga dua sentimeter pun bisa diketahui. Semakin dini diketahui, maka potensi untuk sembuh semakin besar,” kata Linda Agum.

Linda memaparkan, berdasarkan penelitian dunia, dari delapan ibu yang berkumpul, satu di antaranya dipastikan mengidap kanker payudara. Artinya, lanjut Linda, potensi perempuan terkena kanker payudara tergolong besar, kendati di sisi lain laki-laki pun tidak menutup kemungkinan mengidap penyakit mematikan nomor dua tersebut.

“Memang tidak semua benjolan itu kanker. Yang penting tetap lakukan sadari (periksa payudara sendiri),” ujarnya.

Acara pemeriksaan mammografi gratis dalam rangka HUT Polwan ke-70 dan HKGB dihadiri oleh istri Kapolri Tri Suswati, Kepala Pusat Bhayangkari Coreta Putut Eko Bayuseno, dr. Hardina Sabrida, dan sejumlah pejabat setempat.

TAGS : YKPI HUT Polwan Bhayangkari




TERPOPULER :