Rabu, 14/11/2018 16:08 WIB

Memulai Gerakan Kebaikan dengan Wardah Inspiring Movement

Banyak orang terkadang memiliki keraguan dan kebingungan untuk memulai suatu gerakan kebaikan.

Microsite Wardah Inspiring Movement bantu masyarakat Indonesia untuk lakukan gerakan kebaikan (Foto: Ecka Pramita)

Jakarta - Berdekatan dengan HUT Kemerdekaan Indonesia yang ke-73, Wardah meluncurkan Wardah Inspiring Movement (WIM), sebuah kampanye yang memayungi empat bidang CSR Wardah, yakni pendidikan, kesehatan, pemberdayaan perempuan, dan lingkungan.

Berbeda dengan program CSR pada umumnya, WIM mengandung unsur partisipatif, di mana individu, komunitas, dan organisasi dapat bergabung bersama Wardah untuk menjalankan program-program CSR tersebut.

Chief Marketing Officer PT Paragon Technology and Innovation Salman Subakat mengatakan selama lebih dari lima tahun terakhir, pihaknya telah berkolaborasi dengan puluhan organisasi, yayasan, maupun gerakan di Indonesia untuk melakukan berbagai kegiatan CSR.

"Sayangnya, kegiatan-kegiatan tersebut cenderung berdiri sendiri-sendiri, sehingga dampaknya kurang terasa. Kami memperkenalkan WIM untuk menyelaraskan pengimplementasian empat pilar," ujarnya.
 
Secara khusus, berikut adalah fokus keempat bidang CSR Wardah:

1. Bidang pendidikan:

Pemberian kesempatan belajar bagi semua orang. Mulai dari pemberian beasiswa bagi para mahasiswa, pemberian pelatihan untuk guru, hingga program pendidikan keluarga.

2. Bidang kesehatan:

Kegiatan edukasi dan deteksi dini untuk penyakit kanker serviks dan payudara, serta bantuan pengobatan dan dana operasional rumah singgah untuk penyakit anak

3. Bidang pemberdayaan perempuan:

Pemberdayaan perempuan sebagai wiraswasta

4. Bidang lingkungan:

Pengelolaan sampah dan pelestarian lingkungan

Dalam rangka memudahkan partisipasi lebih banyak pihak untuk terlibat di dalam kegiatan-kegiatan CSR yang ada, Wardah meluncurkan microsite bertema ‘Kebaikan Hati untuk Negeri’.

Microsite ini memungkinkan masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam berbagai kegiatan, baik secara offline maupun online.

Sebagai contoh, dalam microsite tersebut, masyarakat dapat:

1. Mendaftarkan diri untuk menjadi relawan dalam kegiatan CSR offline yang Wardah dan mitra-mitra Wardah lakukan

2. Mengirimkan konten edukatif dan inspiratif yang berkaitan dengan pendidikan, kesehatan, pemberdayaan perempuan, serta lingkungan; baik dalam bentuk video, artikel, maupun gambar.

Tim Wardah akan mengurasi konten-konten yang masuk, menampilkan konten-konten terpilih di microsite, dan membagikannya secara offline melalui program-program offline Wardah kepada mereka yang membutuhkan.

Indonesia memiliki banyak sumber daya manusia dengan jiwa sosial yang tinggi. Hanya saja, banyak orang terkadang memiliki keraguan dan kebingungan untuk memulai suatu gerakan kebaikan.

"Berangkat dari alasan ini, kami berusaha untuk menghadirkan sebuah wadah yang dapat melibatkan semakin banyak anggota masyarakat dalam berbagai kegiatan sosial yang kami miliki. Kami percaya, kumpulan kontribusi-kontribusi sederhana dapat menjadi sebuah kontribusi besar jika kita lakukan bersama,” tambah Salman.

Sebagai apresiasi bagi masyarakat yang berpartisipasi dalam WIM, Wardah setiap bulannya akan memilih partisipan dengan konten online paling kreatif dan inspiratif / partisipan dengan jumlah partisipasi kegiatan offline terbanyak untuk menjadi Duta Wardah Inspiring Movement.

 

TAGS : Gerakan Kebaikan CSR Microsite




TERPOPULER :