Rabu, 21/11/2018 04:33 WIB

Silvia Halim, Sosok di Balik Konstruksi MRT Jakarta

Walaupun konstruksi adalah dunia yang didominasi oleh laki-laki, namun Silvia Halim justru menjadikan tantangan itu sebagai passion.

Silvia Halim, Direkur Konstruksi MRT Jakarta (Foto: Ecka Pramita)

Jakarta - Sejak Silvia Halim memilih dunia civil engineering, pertanyaan yang biasanya ditanyakan kepadanya adalah "kenapa mau? Apakah yakin bisa menekuni bidang ini?"

"Saya katakan "Mengapa tidak!?"

Setelah selesai kuliah dan mulai bekerja, Silvia memilih secara khusus manajemen proyek konstruksi, dikatakan kalau bidang pekerjaan itu tidak cocok untuk perempuan.

D itengah perjalanan karier (di Singapura) ia pun pernah menghadapi situasi dan realita dimana rekan kerja laki-laki yang seangkatan, lebih memiliki keuntungan dalam kareirnya karena dia seorang laki-laki (dengan wajib militer yang dia jalani maka masa kerjanya dianggap lebih dan dapat dipromosi lebih dulu).

Sehingga, lanjut Silvia pada dasarnya ia harus bekerja lebih keras jikamau diperhitungkan sebanding dengan rekan kerja laki-laki tersebut.

"Namun kondisi ini semakin membuat saya termotivasi untuk membuktikan bahwa mereka salah! Sejak awal, tidak pernah saya merasa bahwa dunia konstruksi adalah dunianya laki-laki dan saya sebagai perempuan tidak bisa menekuni bidang itu," tegas Silvia di acara Gerakan "SiapaBilangGakBisa, di Jakarta, Selasa (14/8)

"Walaupun konstruksi adalah dunia yang didominasi oleh laki-laki, itu tidak seharusnya menjadi sebuah faktor yang memberatkan bagi saya dalam memutuskan untuk mencapai tujuan saya," lanjut perempun kelahiran 1983 ini.

Civil engineering adalah sebuah ilmu yang ia suka pelajari an telah membawanya kepada sebuah pekerjaan dimana dia bisa berkarya, bisa melayani, dan membuat perbedaan bagi orang lain. "Itu adalah passion saya!" imbuhnya.

Silvia percaya bahwa kita perlu untuk berhenti mendefinisikan apa yang ‘seharusnya’ and ‘tidak seharusnya’ untuk seorang perempuan; berhenti mengkotak-kotakkan dan membatasi diri kita.

"Mulailah jalani cita-cita kita dan biarkan saudara-saudara (perempuan) kita untuk berkembang tanpa terhambat dengan Batasan-batasan itu. Sehingga kita dapat menjadi siapa pun yang kita inginkan dan menjadi diri kita yang terbaik!" pesan Silvia.

TAGS : Silvia Halim Direktur MRT Jakarta Konstruksi




TERPOPULER :