Rabu, 21/11/2018 12:31 WIB

Ternyata Menangis Bermanfaat bagi Kesehatan

Tangisan sangat identik dengan suasana hati yang kurang baik atau sedang lemah.

Menangis ternyata justru dapat memberikan manfaat bagi kesehatan (Foto: Virgool.io)

Jakarta - Menangis diketahui sebagai luapan perasaan dari dalam diri yang ditandai dengan keluarnya air dari mata. Dilansir dari laman psychologytoday, bahwa menangis memberikan manfaat alami yang justru dapat memberikan manfaat bagi kesehatan.

Mungkin masih jarang yang tahu akan manfaat dari menangis terlebih jika kita telalu lama menangis maka akan membuat mata menjadi merah dan bengkak.

Namun dari hasil penelitian yang dilakukan dibeberapa universitas ternama luar negeri menyebutkan bahwa menangis memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

1. Menangis dapat menurunkan tingkat stres

Emosi akan tersalurkan sehingga beban pikiran jadi terangkat. Saat menangis, ternyata tubuh mengeluarkan beberapa bahan kimia dan hormon yang disebut endorphin leucine enkaphalin yang terbentuk akibat stres.

Melalui air mata, semua zat dan hormon tersebut juga ikut dikeluarkan. Itulah alasan kenapa sebagian besar orang merasa lebih lega dan nyaman setelah menangis.

2. Proses detoksifikasi atau pengeluaran racun

Detox adalah salah satu manfaat menangis bagi kesehatan tubuh yang sangat penting. Detox merupakan proses pengeluaran zat yang tidak digunakan bahkan beracun dari dalam tubuh.
Dari penelitian diketahui bahwa air mata menangis yang keluar karena faktor emosional memiliki zat yang lebih beracun dari pada air mata iritasi. Keluarnya air mata yang beracun itu menandakan bahwa racun yang ada dalam tubuh telah dikeluarkan lewat air mata.

3. Air mata mampu melembabkan dan mencegah dehidrasi pada selaput mata

Bola mata memerlukan pelumas yang berfungsi untuk memberi kelembaban, mencegah dehidrasi dan melindunginya dari debu dan bakteri. Air mata lah yang berfungsi sebagai pelumas untuk melindungi mata dari serangan bakteri. Ternyata, air mata mengandung lisozim; cairan yang berfungsi untuk membunuh bakteri hanya dalam waktu kurang lebih 5 menit.

4. Meningkatkan mood

Terkadang mood seseorang seringkali turun hingga ke level depresi. Cara sederhana untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menangis. Dengan menangis, air mata yang dihasilkan mengandung 24% protein albumin yang dapat meregulasi sistem metabolisme tubuh dibandingkan dengan air mata yang dihasilkan dari iritasi mata.

5. Nggak cuma mata, menangis juga bisa membersihkan hidung

Air mata yang mengalir melalui saluran air mata akan melewati rongga hidung tempat mereka bersentuhan dengan mukus. Mukus adalah cairan lengket yang biasa kita sebut dengan ingus. Bila ada mukus yang menumpuk di sana, air mata bisa mendorongnya keluar dari hidung. Nah, kotoran-kotoran yang ada di dalam rongga hidung pun jadi terangkat.

Setelah Anda tahu akan manfaat menangis untuk kesehatan, jangan jadikan tangisan sebagai pertanda bahwa seseorang sedang lemah karena tangisan sangat identik dengan suasana hati yang kurang baik. Namun dibalik itu semua, banyak hal positif yang dapat kita ambil dari tangisan kita.

TAGS : Menangis Manfaat Kesehatan




TERPOPULER :