Selasa, 16/10/2018 15:32 WIB

Sesjen MPR : Pancasila Bukan Hanya untuk Dihafalkan

Sesjen MPR RI Dr. Ma`ruf Cahyono Sosialisasi Empat Pilar MPR dihadapan mahasiswa baru, Fakultas Dakwah, IAIN Salatiga, acara tersebut berlangsung di halaman kampus Fakultas Dakwah IAIN Salatiga, Kamis (9/8)

Jawa Tengah - Dihadapan lebih dari seribu mahasiswa baru Fakultas Dakwah IAIN Salatiga Jawa Tengah, Sesjen MPR RI, Ma`ruf Cahyono mengajak agar Pancasila tidak semata-mata dihafalkan saja. Tetapi, lebih penting dari itu, Pancasila harus diterapkan dan dilaksanakan  dalam kehidupan sehari-hari.

Jika seluruh masyarakat melaksanakan nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila, secara benar dan konsekwen, maka bangsa  Indonesia kata Ma`ruf akan menjadi bangsa yang selamat. Mampu mencapai cita-cita, seperti yang ingin dicapai oleh para pendiri bangsa.

"Pancasila dibuat  dan diwariskan oleh para pendiri bangsa, kepada kita semua sebagai bintang penuntut, sekaligus melaksanakan sila-sila yang ada di dalamnya,   supaya kita menjadi bangsa yang adil, makmur dan sejahtera," kata Ma`ruf menambahkan.

Pernyataan itu disampaikan Ma`ruf Cahyono saat memberikan Sosialisasi Empat Pilar MPR  dihadapan mahasiswa baru, Fakultas Dakwah, IAIN Salatiga, acara tersebut berlangsung di halaman kampus Fakultas Dakwah IAIN Salatiga, Kamis (9/8).

Pelaksanaan Sila-sila Pancasila  secara benar dan konsekwe, akan menguatkan kepribadian bangsa, sehingga tidak gampang terombang ambing oleh perubahan yang terus terjadi. Juga tidak akan membuat masyarakat Indonesia, gampang mengikuti nilai-nilai dari luar, yang belum tentu sesuai dengan kepribadian bangsa.

"Pancasila mampu membentengi kita dari nilai radikalis dan terorisme. Juga aliran kanan maupun kiri," kata Ma`ruf lagi.

Karena itu Ma`Ruf Cahyono mengajak generasi muda untuk terus mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, dalam kehidupan sehari hari. Agar Indonesia menjadi negara maju, sebagaimana negara-negara lain di dunia.

TAGS : Warta MPR Ma`Ruf Cahyono




TERPOPULER :