Jum'at, 19/04/2024 16:44 WIB

Ma`ruf Cahyono: Pancasila Adalah Perekat Bagi Bangsa Indonesia

Di hadapan peserta Konvensi Nasional Komunikasi Islam dan Ketahanan Nasional Dalam Perspektif Komunikasi, Ke Indonesiaan dan Ke Islaman, Sesjen MPR RI Dr. Ma`ruf Cahyono, SH, MH, mengingatkan, untuk mengelola keberagaman

Sesjen MPR RI Ma`ruf Cahyono .

Jakarta - Di hadapan peserta Konvensi Nasional Komunikasi Islam dan Ketahanan Nasional Dalam Perspektif Komunikasi, Ke Indonesiaan dan Ke Islaman, Sesjen MPR RI Dr. Ma`ruf Cahyono, SH, MH, mengingatkan, untuk mengelola keberagaman, seperti yang dimiliki bangsa Indonesia tidaklah gampang. Harus ada komunikasi yang baik, dan terus menerus, agar terbangun rasa  saling menerima  dan menghargai, antara satu dengan yang lain  

"Dibidang agama saja misalnya, kita memiliki kemajemukan, dan itu harus dikelola dengan baik. Agar kerukunan, saling hormat menghormati dan persatuan selalu terjaga dengan baik", kata Ma`ruf.

Padahal kemajemukan di Indonesia bukan soal keyakinan saja. Masih ada banyak keragaman  di Indonesia yang  bisa dilihat dari berbedaan warna kulit, bentuk rambut, bahasa, kebudayaan dan kebiasaan hidup sehari-hari.

Pernyataan itu disampaikan Ma`ruf Cahyono, saat menjadi pembicara kunci pada Seminar Nasional Komunikasi Islam dan Ketahanan Nasional Dalam Perspektif Komunikasi, Ke Indonesiaan dan Ke Islaman. Ma`ruf Cahyono menjadi Keynote Speech pada acara tersebut menggantikan Ketua MPR, yang berhalangan hadir. Acara tersebut berlangsung di  gedung Hasyim Asy`ari, Fakultas Dakwah,  IAIN Salatiga, Jawa Tengah, Kamis (9/8).

Dua orang narasumber ikut memberikan pemikirannya menyangkut persoalan komunikasi Islam dan ketahanan nasional. Keduanya adalah Prof. Dr. Henri Subiakto SH, M. SI. Dia adalah staf  ahli menteri Kominfo bidang hukum. Serta Gun Gun Heryanto, pengamat politik dari UIN Jakarta. Ikut hadir dalam acara tersebut, Dekan IAIN Salatiga Dr. Mufti Ali, SH, M. Hum.

Di negara yang majemuk seperti Indonesia, komunikasi kata Ma`ruf menjadi sesuatu yang sangat penting. Karena itu kita harus mampu melaksanakan komunikasi secara efektif. Juga menyampaikan pesan-pesan  yang sehat, bisa berkontribusi dalam pembangunan. Karena itu, sangat penting bagi Indonesia untuk memiliki cara pandang yang sama dalam melihat berbagai persoalan yang ada.

"Beruntung, bangsa Indonesia memiliki Pancasila yang juga berfungsi sebagai perekat. Karena itu, Pancasila harus selalu menjadi alasan bagi  seluruh bangsa Indonesia dalam berfikir dan  mengambil keputusan", kata Ma`ruf menambahkan.

KEYWORD :

Warta MPR Beragama




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :