Sabtu, 20/04/2024 19:51 WIB

Perempuan Memiliki Risiko Kredit Lebih Rendah Dibandingkan Pria

Sebanyak 40 persen perempuan lebih cenderung meminjam uang ke lembaga selain bank karena dianggap memiliki persyaratan yang rumit.

Ilustrasi Uang

Jakarta - Sebuah studi menemukan bahwa perempuan memiliki risiko kredit yang lebih rendah dibandingkan pria. Padahal, sebanyak 34 persen usaha kecil dan usaha menengah dimiliki oleh perempuan.

CEO Alami Dima Djani mengatakan secara spesifik, ia menyoroti keberadaan wirausaha perempuan yang saat ini posisinya sangat mendominasi bisnis UKM dan sektor kreatif tanah air.

Mengacu pada laporan Profil Usaha/Perusahaan 16 Subsektor Ekraf Berdasarkan Sensus Ekonomi 2016 (SE2016) dari Badan Pusat Statistik (BPS) dan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), hampir sebesar 54,96% sektor usaha ini didalangi oleh pengusaha perempuan.

“Jumlah ini pastinya akan terus meningkat seiring dengan pengaruh teknologi dan pesatnya arus informasi. Namun yang mesti perlu diperhatikan adalah bagaimana agar bisnis-bisnis menjadi sustainable atau tetap bertahan di tengah gempuran kompetisi,” tutur Dima saat memberikan materi Doing Business in A Start Up and Sharia Way, di Jakarta, Senin (6/8).

Salah satu cara agar bisnis bisa bertahan dan tentunya berkelanjutan adalah dengan mengerti berbagai opsi permodalan yang ditawarkan oleh lembaga keuangan.

Meskipun demikian, jika melihat data dari International Financial Institution (IFC) tahun 2016, 40 % perempuan lebih cenderung meminjam uang ke lembaga selain bank karena bank dianggap memiliki persyaratan yang rumit.

Padahal, studi yang sama menemukan bahwa perempuan memiliki risiko kredit yang lebih rendah dibandingkan pria.

"Kondisi di atas merupakan salah satu permasalahan yang diakibatkan oleh keterbatasan informasi terhadap produk-produk perbankan yang diakses oleh perempuan," ungkap Dima.

Hal inilah yang juga menjadi alasan Alami sebagai fintech aggregator yang menjembatani keterbatasan akses tadi dengan lembaga keuangan syariah.

“Menjembatani akses ke permodalan dengan sumber-sumber perdanaan yang lebih berkah kami yakini dapat menyebarkan semangat kewirusahaan yang lebih kuat lagi bagi usaha-usaha yang dikelola oleh pengusaha perempuan Indonesia,”  terangnya.

KEYWORD :

Perempuan Uang Bank




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :