Jum'at, 16/11/2018 12:26 WIB

Menteri Amran Janji Pertanian Indonesia akan Semakin Baik

Peningkatan ini salah satunya karena upaya peningkatan kementan dalam memberantas mafia-mafia pangan yang dinilai merusak pertanian negeri.

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman saat memberikan sambutan di acara pelepasan ekspor bawang merah ke Thailand di Brebes, Rabu (01/08): Foto Alibas Jurnas.com

Brebes - Berbicara di hadapan para petani bawang merah Brebes, Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman yakin pertanian Indonesia akan terus meningkat, bahkan akan terus mengalami perubahan ke arah yang positif.

Menurut Amran, selama ini Indonesia dikenal sebagai negara dengan tingkat impor terbesar, namun seiring berjalannya waktu, kebiasaan itu (mengimpor) sudah mulai berubah, terbukti dengan banyaknya ekspor yang dilakukan ke beberapa negara tetangga.

"Kami yakin, pertanian kita akan terus meningkat. Apalagi ekspor yang kita lakukan sudah mulai naik, terbukti 2017 mengalami peningkatan hingga 24 persen," terang Amran saat memberikan sambutan acara pelepasan ekspor bawang merah di Brebes, Rabu (1/8).

"Nilai ekspor kita Rp444 triliun di 2017 lalu. Ini merupakan salah satu pembuktian pada dunia bahwa kita sudah berubah," lanjutnya.

Pria kelahiran Bone itu juga mengakpresiasi pencapaian para petani di Indonesia, salah satunya petani bawang merah yang sudah mampu berkontribusi meningkatkan ekspor bawang merah ke luar negeri.

"Hari ini kita membuktikan pada dunia bahwa dulunya kita impor barang merah selama puluhan tahun, sementara tahun ini kita mengekspor bawang merah ke negara yang dulu kita impor, yaitu Thailand. Bahkan peningkatan ekspor bawang merah mencapai 100 persen, sedangkan impor hanya satu persen," tutur Amran.

Amran menjelaskan peningkatan ini salah satunya karena upaya Kementerian Pertanian (Kementan) memberantas mafia-mafia pangan yang dinilai merusak pertanian dalam negeri.

Ia pun tak luput mengakpresiasi pihak ketiga yang banyak berjasa dalam memberantas mafia tersebut. Pihak ketiga tersebut tak lain adalah Budi Waseso, Direktur Utama Bulog, yang dinilai banyak melakukan aksi-aksi luar biasa dalam memberantas mafia pangan.

"Kami (Amran dan Bwas) adalah duet maut dalam memberantas mafia pangan. Dulu saya sendiri berani apalago saat ini dibantu pak Bwas, tentu akan lebih meningkat lagi aksi untuk memberantas mafia pangan," tegas Amran.

TAGS : Kementan Bawang Merah Brebes Ekspor




TERPOPULER :