Kamis, 18/04/2024 13:06 WIB

Legenda Jerman Sebut Ozil "Pengecut"

Ozil mengumumkan pengunduran dirinya dari tim nasional Jerman Minggu lalu, dengan menyebut bahwa ia dikambinghitamkan saat Tim Panser menjalani hasil buruk di Piala Dunia

Mesut Ozil

Jakarta - Mantan pemain internasional Jerman Fredi Bobic telah mencap Mesut Ozil "pengecut" karena menggunakan media sosial untuk menyuarakan keluhannya dengan Federasi Sepakbola Jerman (DFB).

Ozil mengumumkan pengunduran dirinya dari tim nasional Jerman Minggu lalu, dengan menyebut bahwa ia dikambinghitamkan saat Tim Panser menjalani hasil buruk di Piala Dunia. Ia bahkan disebut sial karena keturunan Turki.

Pemain berusia 29 tahun mengecam media dan sangat kritis terhadap presiden DFB Reinhard Grindel, menuduhnya tidak kompeten dan tidak peka terhadap warisan leluhurnya.

Tapi cara serangkaian pernyataan publik Ozil tidak berjalan baik dengan Bobic, yang sekarang menjabat sebagai direktur olahraga Eintracht Frankfurt.

"Saya pikir itu sedikit pengecut, terus terang," kata mantan striker Stuttgart kelahiran Slovenia dilansir Soccerway.

"Dia bisa saja memberikan wawancara di suatu tempat, langsung di TV. Bagi kami, para pemain sepakbola, aturannya adalah `jadilah seorang pria dan berdiri," lanjutnya.

Pensiun Ozil datang setelah kritik dari DFB atas foto pra-Piala Dunia yang ia ambil dengan presiden kontroversial Turki Recep Tayyip Erdogan, yang dinilai gelandang Arsenal jauh dari unsur politik.

Bobic membela asosiasi dan mempertanyakan keputusan Ozil.

"Itu sesuatu yang saya izinkan untuk pemain yang berusia 18 atau 19 tahun," katanya.

"Tapi seorang pemain yang telah berkecimpung dalam bisnis begitu lama, 29 tahun dan juara dunia, perlu tahu apa yang menyiratkan itu," tambahnya.

"Jika dia tidak tahu itu maka dia benar-benar naif atau sedang menghitung dan dia ingin memprovokasi, atau dia dikendalikan oleh orang lain," lanjutnya.

"Tentu saja aku memahami dua hati (Jerman dan Turki) yang berdetak di dadanya tetapi kamu masih harus tahu bahwa kamu memiliki tanggung jawab besar."

KEYWORD :

Ozil Jerman Fredi Bobic




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :