Kamis, 25/04/2024 08:29 WIB

Kanada dan Meksiko Tolak Kebijakan Dagang AS

Kedua negara menolak usulan Trump menciptakan kesepakatan terpisah

Presiden Amerika Serikat Donald Trump (Foto: AP)

KanadaKanada dan Meksiko menolak perjanjian perdagangan terpisah dengan Amerika Serikat pada Rabu. Keduanya mengatakan, kesepakatan apapun yang dinegosiasikan di bawah bendera Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA) haruslah trilateral.

Dalam pertemuan antara pejabat-pejabat Kanada dan Meksiko di Mexico City, kedua negara juga menolak usulan "sunset clause" dari pemerintahan Trump, yang membuat perjanjian NAFTA harus di-review setiap lima tahun sekali.

Kedua negara berkata klausal semacam itu akan mematikan investasi.

"Tidak akan ada yang mau menginvestasikan dolar Kanada, peso Meksiko, atau dolar (AS) ke dalam industri yang tak mempunyai kepastian jangka panjang," ujar Menteri Ekonomi Meksiko Ildefonso Guajardo dalam konferensi pers setelah pertemuan.

Perwakilan-perwakilan Meksiko akan bertolak ke Washington pada Kamis untuk bertemu dan mendiskusikan NAFTA dengan para pejabat AS. Tapi Meksiko tetap akan bersikeras NAFTA harus menjadi perjanjian trilateral dengan syarat-syarat yang lebih permanen.

"Kami mengunjungi Washington untuk berpartisipasi dalam pertemuan bilateral yang menekankan konsep trilateralisme perjanjian ini," ujar Guajardo dalam konferensi pers yang juga dihadiri oleh Menteri Luar Negeri Kanada Chrystia Freeland.

Freeland sebelumnya juga bertemu dengan calon Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador, sehingga perjanjian trilateral dan penolakan "sunset clause", yang "sangat ditentang" Kanada ini didukung oleh pemerintahan baru Meksiko yang akan dibentuk setelah pemilihan umum Meksiko di awal bulan ini.

Ia menyebut pertemuan ini positif, dan kedua negara telah setuju dengan posisi mereka di dalam NAFTA. "Kanada sangat yakin NAFTA adalah perjanjian trilateral," tukas Freeland. "Ini sudah terjadi selama nyaris seperempat abad."

Perjanjian ini telah berhasil menggabungkan perdagangan dan rantai suplai yang menguntungkan ketiganya.

Para pejabat ketiga negara berkata mereka ingin mempercepat perundingan pada Agustus, namun terancam tertunda karena Presiden AS Donald Trump berkeras Amerika tak cukup diuntungkan dari perjanjian yang sudah ada dan menuntut kesepakatan yang lebih baik. (aa)

KEYWORD :

Kanada Meksiko NAFTA




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :