Rabu, 19/09/2018 06:41 WIB

Sering Pegel Linu? Begini Cara Mencegahnya

Pegal-pegal yang biasa disebut linu bisa menyerang di beberapa bagian tubuh kita.

Berikut bagian tubuh yang kerap mengalami linu (Foto: Ilustrasi)

Jakarta - Setiap orang tentunya pernah mengeluh perkara tubuh yang terasa pegal-pegal. Hal ini disebabkan otot-otot pada beberapa bagian tubuh kita mungkin mengalami tegang, atau bekerja secara optimal dan belebihan selama seharian.

Hal ini tentu tak boleh dibiarkan begitu saja. Kita bisa memijatnya secara perahan untuk meredakan linu tersebut. Salah satu caranya adalah dengan memijat bagian tubuh yang merasa linu.

Nah, lalu bagian tubuh apa saja yang sering mengalami linu? Berikut bagian tubuh yang kerap mengalami linu seperti yang dilansir dari laman Dokter Sehat:

1. Kaki

Mungkin kita terlalu lama atau terlalu sering bergerak dan berdiri bisa menyebabkan otot pada kaki kita merasa tegang dan lelah. Hal inilah yang menyebabkan linu pada salah satu bagian tubuh kita, yaitu kaki.

Apalagi untuk kita yang bekerja di luar ruangan, tentunya akan lebih sering menggunakan kaki untuk beraktivitas, sehingga terasa pegal.

2. Tangan

Tak hanya kaki saja, ternyata tangan juga bisa mengalami rasa linu, tepatnya pada bagian pergelangan dan pangkal tangan. Hal ini biasanya dialami oleh para pekerja yang sering berada di dalam kantor.

Baik itu karena menulis atau mengetik di depan komputer, sehingga membuat otot pada tangan terasa lelah dan menyebabkan linu pada tangan. Kita bisa memijat bagian tangan atau bagian yang terasa linu sembari istirahat.

3. Punggung

Untuk linu pada bagian punggung ini akan terasa untuk orang yang bekerja di luar maupun di dalam ruangan. Namun seringnya untuk orang-orang yang bekerja di dalam ruangan karena terlalu duduk di kursi yang menyebabkan otot pada tubuh terasa tegang dan akibatnya linu pada bagian punggung.

Nah, itulah beberapa bagian tubuh yang sering mengalami rasa linu. Seperti yang dikatakan di atas, kita bisa mencegahnya dengan sesekali beristirahat untuk mengistirahatkan otot pada tubuh kita. Atau kita bisa memijat pada bagian yang terasa linu tersebut agar tak semakin parah.

TAGS : Pegal Linu Tubuh Otot




TERPOPULER :