Kamis, 25/04/2024 23:15 WIB

Cara Alumni Unhas Menyambut Asian Games 2018

Akan dipersiapkan orasi budaya oleh tokoh, pentas teater, hingga pembacaan puisi

Ketua Panitia Merdeka Cup V 2018, Feri Irawan

Jakarta - Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin (Ika-Unhas)  wilayah Jabodetabek akan menggelar Merdeka Cup V. Ajang rutin tahunan  ini  untuk  memperingati hari Kemerdekaan Indonesia dan mempererat persatuan sesama alumni perguruan tinggi negeri yang berada di Makassar, Sulawesi Selatan.

"Yang paling penting dari kegiatan tahun ini, bertepatan dengan iven  Asian Games yang digelar di Indonesia. Ini sangat monumental bagi kami yang juga sekaligus turut mendukung ajang olah raga negara Asia agar berjalan dengan baik dan bisa mengharumkan nama negara," ujar Feri Irawan, Ketua Panitia Merdeka Cup.

Gelaran Merdeka Cup  tahun ini akan berlangsung pada 28 Agustus 2018 di Kirana Futsal Kelapa Gading, Jakarta. Penanggung jawab kegiatan tahun ini yakni  alumni Sastra Unhas.  Diperkirakan akan dihadiri seribuan alumni dari sekitaran Jabodetabek, kata Feri, makanya  akan dikemas secara membudaya. “Akan dipersiapkan orasi budaya oleh tokoh, pentas teater, hingga pembacaan puisi," ujar Feri.

"Kali ini akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Selain nilai budaya, juga ada aksi sosial yang akan dikemas menjadi menarik. Perhatian terhadap anak dengan lomba mewarnai dan sembako murah sebagai upaya membantu program Pemerintah menyikapi kenaikan harga,” ujar Feri Alumni Sastra 92.

Sedangkan laga-laga olahraga  yang dipertandingkan pada Merdeka Cup, Feri mengatakan, ada futsal, tarik tambang, hingga permainan kartu domino. Namun yang menarik adalah rangkaian kegiatan lainnya yang merupakan budaya dengan istilah khas Sulawesi Selatan. "Misalnya Tudang Sipulung dan kelong-kelong,” ujarnya.

Tudang Sipulung adalah sarana menyampaikan aspirasi alumni terhadap persoalan-persoalan penyelenggaraan suatu kegiatan dan mencari kesepakatan (kehendak bersama) terhadap permasalahan yang sedang dihadapi.

“Melalui acara Tudang Sipulung ini, para alumni dapat berbagi informasi, membahas berbagai hal serta mengajukan ide-ide cemerlang dalam rangka meningkatkan kehidupan ber-IKA, bermasayarakat, berbangsa, dan bernegara,” ujar Feri Irawan.

Dari ajang Merdeka Cup ini juga, Feri mengatakan, menghidupkan jiwa dan nilai-nilai patriotisme, sportivitas, dan semangat solidaritas dalam mengisi kemerdekaan untuk membangun Indonesia yang lebih maju dan lebih hebat.

Kemudian, katanya lagi, terpenting menjalin dan mempererat tali silaturahim di antara keluarga besar IKA UNHAS Jabodetabek khususnya dan anggota IKA UNHAS pada umumnya. “ Dan mensinergikan potensi segenap anggota melalui sharing pengalaman serta menghidupkan dan mengobati kerinduan dengan “orang sekampung” di rantau dan budaya Sulawesi Selatan,” ujarnya.

KEYWORD :

Merdeka Cup Unhas Feri Irawan Asian Games




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :