Selasa, 23/04/2024 14:49 WIB

Ozil Angkat Kaki dari Timnas, Ini Tanggapan Jerman

Menteri Kehakiman Jerman Barley menilai pernyataan Ozil terkait pengunduran dirinya itu merupakan sebuah peringatan bagi Jerman.

Mesut Ozil

Jeman – Mesut Ozil yang juga bermain di Liga Premier Inggris memutuskan ankat kaki buru-baru dari tim nasional Jerman. Keputusan itu kemudian memicu perdebatan-perdebatan di Jerman.  

Menteri Kehakiman Jerman, Katharine Barley, menilai pernyataan Ozil terkait pengunduran dirinya itu merupakan sebuah peringatan.

"Pengunduran diri seorang bintang sepakbola besar seperti Ozil karena mengalami diskriminasi ras dan merasa tidak dinaungi oleh Federasi Sepakbola Jerman (DFB) merupakan sebuah peringatan," terangnya.

Wakil Juru Bicara Pemerintah Jerman, Ulrike Demmert dalam siaran persnya mengatakan, keputusan pengunduran diri Ozil patut dihormati. Demmert mengatakan, Kanselir Merkel menghargai prestasi Ozil sebagai seorang pemain bola.

Demmert juga menyebut bahwa Jerman adalah negara yang terbuka kepada dunia, dan olahraga merupakan sarana adaptasi yang sukses di Jerman.

Ia  juga menekankan bahwa Merkel sangat mementingkan adaptasi dan menyatakan bahwa kebanyakan warga Turki di Jerman telah beradaptasi dengan kebudayaan Jerman. Contoh-contoh sukses adaptasi tersebut dalam bidang olahraga dan ekonomi.

Mantan juru bicara DFB, Harald Stenger, terkait perdebatan tersebut, mengatakan bahwa ketua DFB sekarang Reinhard Grindel merupakan ketua terburuk dalam 50 tahun terakhir.

Stenger menuturkan bahwa bukan hanya dalam kasus Ozil, Grindel juga tidak mampu mengelola krisis maupun isu-isu lainnya dalam federasi karenanya dia disebut sebagai ketua DFB terburuk selama 50 tahun.

Ketua Persatuan Rehabilitasi dan Atlet Penyandang Disabilitas yang juga merupakan mantan anggota dewan Komisi Olahraga dari Partai Hijau, Ozcan Mutlu, mengatakan fakta bahwa Ozil terpaksa mengundurkan diri karena dia melihat tindakan terhadapnya itu merupakan sebuah skandal yang besar.

Mutlu menilai ketua DFB Grindel merupakan orang yang paling bertanggung jawab dalam skandal tersebut.

Selain itu, Mantan penjaga gawang timnas Jerman Bodo Illgner, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Ozil. Namun dia mengatakan bahwa kritik yang diterima oleh Ozil dan Ilkay Gundogan karena berfoto dengan presiden Turki merupakan sebuah bentuk tindakan xenophobia.

Melalui akun media sosial Twitter, komunitas warga Turki di Jerman menggaris bawahi bahwa apa yang terjadi terhadap Ozil telah menunjukkan posisi komunitas mereka di negera ini. (aa)

KEYWORD :

Jerman Mesut Ozil




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :