Minggu, 18/11/2018 23:06 WIB

Menyatukan Hubungan Marquez dan Lorenzo Jadi Tantangan Baru Honda

Mengelola kepribadian dua pebalap papan atas, Honda akan memiliki kesulitan tambahan untuk menemukan cara membuat sepeda yang cocok untuk Marquez dan Lorenzo dengan gaya berkendara mereka yang berbeda.

Marc Marquez bersama Jorge Lorenzo (foto: Soccerway)

Jakarta - Kepala tim Honda, Alberto Puig mengakui bahwa mengelola hubungan antara Marc Marquez dan rekan setimnya Jorge Lorenzo kemungkinan akan menjadi tantangan baru yang sulit untuk pabrikan asal Jepang tersebut.

Lorenzo akan pindah dari Ducati untuk menggantikan Dani Pedrosa di tim Honda musim depan, yang memberikan Honda dua pebalap pemenang gelar kelas utama untuk pertama kalinya sejak 1989.

Menjelaskan alasan dibalik merekrut Lorenzo, Puig mengatakan itu adalah filosofi Honda untuk menandatangani pengendara terbaik yang tersedia, walaupun hal itu akan membuat tim sakit kepala untuk mencoba mengelola ketegangan antara dua nama top tersebut.

"Pemahamannya adalah bahwa tim ingin memiliki pengendara terbaik, ini adalah prinsipnya," kata Puig dilansir Autosport. "Kemungkinan ada di sana untuk menandatangani Lorenzo dan kami mengambilnya."

"Bagi Honda penting untuk menyiapkan sepeda terbaik yang kami bisa, dan memberikannya kepada pengendara yang lebih cepat," lanjutnya.

"Tentu saja, itu tidak mudah. Tapi jika kita ingin segala sesuatunya menjadi mudah, mungkin kita tidak akan menjalankan tim pada tingkat ini. Ini rumit, tapi itu tantangan. Di Honda, kita selalu mencari tantangan," tambahnya.

Menurut Puig, mengelola kepribadian dua pebalap papan atas, Honda akan memiliki kesulitan tambahan untuk menemukan cara membuat sepeda yang cocok untuk Marquez dan Lorenzo dengan gaya berkendara mereka yang berbeda.

Manajer umum HRC Tetsuhiro Kuwata membantah saran bahwa versi RC213V saat ini dicetak sepenuhnya di sekitar kebutuhan Marquez dan mengatakan Honda akan melanjutkan di jalur yang sama pada 2019.

"Sekarang, kami mengembangkan untuk Marc dan juga untuk Dani," kata Kuwata. "Ini bukan hanya untuk satu pebalap. Jadi kami akan melanjutkan cara yang sama tahun depan.

"Kami tidak tahu Jorge, mesin seperti apa yang dia inginkan. Tapi tentu saja kami akan mencoba menyesuaikan dengan persyaratannya. Dan juga Marc memiliki banyak permintaan kepada kami, dan kami berusaha untuk mencapai ini," lanjutnya.

"Ini akan sangat menantang, tetapi kami tetap berjalan dengan cara yang sama. Jika kami dapat membuat mesin yang bagus untuk Marc dan Dani, itu berarti potensi teknis kami tinggi," tambahnya.

"Untuk tahun depan kami mencoba menyiapkan mesin tingkat tinggi untuk Marc dan Jorge."

TAGS : Marquez Lorenzo MotoGP Honda




TERPOPULER :