Selasa, 23/04/2024 13:03 WIB

Menteri Turki Dukung Keputusan Ozil Hengkang

Keputusan pesepakbola terkenal Mesut Ozil menuai reaksi dari berbagai pihak setelah mengundurkan diri dari timnas Jerman. Dia juga mendapat dukungan penuh dari para menteri di Turki.

Mesut Ozil saat berdoa sebelum Kick Off (foto: google)

Ankara - Menteri Pemuda dan Olahraga Mehmet Muharrem Kasapoglu memberikan dukungan kepada Mesut Ozil, pemain sepakbola tim nasional Jerman yang terpaksa hengkang dari timnya akibat diskriminasi.

"Kami mendukung sepenuh hati keputusan penuh martabat saudara kami Mesut Ozil," tulis Kasapoglu di akun twitternya sambil membagikan foto Ozil dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Sementara itu Menteri Kehakiman Turki Abdulhamit Gul menyatakan bahwa keputusan Ozil hengkang dari tim nasional Jerman adalah cara terbaik untuk melawan fasisme.

"Saya mengucapkan selamat kepada  Ozil, yang telah melawan fasisme dengan meninggalkan tim nasional sepakbola Jerman," cuit Gul juga melalui akun Twitter-nya.

Sebelumnya, Ozil, bersama dengan rekannya yang berlaga dalam liga Inggris Cenk Tosun dan Ilkay Gundogan, bertemu dengan Presiden Recep Tayyip Erdogan di London dalam acara malam bantuan dan pendidikan pada Mei lalu.

Dalam pertemuan tersebut, Ozil menghadiahkan seragam timnya dan berfoto bersama Presiden Erdogan. Akibat foto ini, Ozil dan Gundogan menerima banyak kritik dan ancaman dari publik Jerman.

Federasi Sepakbola Jerman banyak dicela akibat diam dalam isu tersebut.

Ozil merespon tudingan-tudingan penipuan yang diajukan kepada dirinya dengan mengatakan, "Baik sebelum maupun sesudah masa pemilu, apa pun yang terjadi saya tetap akan berfoto dengan Erdogan."

"Ibu saya selalu mengingatkan saya tentang sejarah dan tradisi keluarga kami. Pertemuan saya dengan Presiden Erdogan tidak ada hubungannya dengan politik maupun pemilu. Bagi saya berfoto dengan sang Presiden merupakan bentuk penghormatan saya kepada pemimpin tertinggi dari negara keluarga saya," ungkap Ozil dalam pernyataannya.

"Bagi saya tidak penting dari negara mana seorang presiden itu berasal. Saya selalu menghormati dunia politik. Baik itu adalah Presiden Turki maupun Presiden Jerman, sikap saya akan selalu sama," tambah Ozil. (aa)

KEYWORD :

Erdogan Mesut Ozil Jerman Turki




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :