Sabtu, 17/11/2018 01:45 WIB

Simak Enam Cara Atasi Bibir Menghitam

Sebenarnya faktor apa saja sih yang menyebakan bibir Anda menghitam?

Perhatikan beberapa hal yang bisa mencegah sekaligus mengatasi bibir yang menghitam (Foto: Ilustrasi)

Jakarta - Kalau Anda berpikir bahwa menggunakan lip balm saja sudah cukup untuk membantu bibir agar tidak semakin hitam, tunggu dulu. Banyak hal yang harus diperhatikan untuk mencegah dan mengatasi kondisi ini.

Sebenarnya apa sih yang menyebakan bibir hitam? Dilansir dari Journal Sociolla, salah satunya tentu disebabkan oleh kebiasaan dan pola hidup yang kurang baik.

Nah agar bibir tetap terjaga kesehatan dan keindahannya, coba deh Anda perhatikan beberapa hal yang bisa mencegah sekaligus mengatasi bibir yang menghitam berikut.

1. Berhenti merokok

Selain merugikan kesehatan dan membuat wajah tampak kusam, rokok juga membuat kita kurang percaya diri karena salah satu efek sampingnya adalah bisa menggelapkan bibir.

Hal ini disebabkan oleh nikotin dan panas dari rokok yang membuat kulit memroduksi lebih banyak melanin sehingga bibir menjadi lebih gelap dan hitam.

2. Kurangi minum kopi

Siapa yang menyangka kalau minum kopi juga berperan membuat bibir lebih hitam? Bibir akan terlihat lebih gelap sesuai dengan jumlah kafein yang Anda konsumsi.

Mengurangi frekuensi konsumsi minuman panas berkafein ini bisa membantu menjaga bibir agar tetap indah dan tidak menggelap. Sebagai tips, sebaiknya minum banyak air putih setelah Anda minum kopi.

3. Gunakan lipstik tanpa bahan kimia

Kulit bibir sangat sensitif, karena itu gunakan kosmetik tanpa kandungan bahan kimia berbahaya. Lipstik dengan kandungan yang aman memang tidak akan menghilangkan bibir hitam, tapi paling tidak, pemakaiannya tidak membuat bibir semakin hitam. Jadi mulai sekarang, sebaiknya baca dahulu review produk lipstik yang akan Anda beli.

4. Lindungi dari sinar matahari

Paparan sinar matahari meningkatkan produksi pigmen melanin di bibir. Sinar matahari juga mampu membakar dan membuat bibir kering. Oleh karena itu, terlalu lama terpapar sinar matahari sudah tentu akan menyebabkan bibir hitam. Tak hanya kulit wajah saja, kulit bibir juga butuh dilindungi dari sinar matahari. Anda bisa menggunakan lip balm yang mengandung SPF lebih dari 20.

5. Oleskan bahan alami pada bibir

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam lemon terbukti dapat mencerahkan warna kulit, termasuk bibir. Nah, mengoleskan air perasan lemon pada bibir ini dapat membantu mencerahkan bibir hitam lho. Selain itu, mengoleskan madu sebelum tidur juga bagus untuk kesehatan bibir, karena madu dapat meremajakan dan membuat bibir terasa lembap.

6. Rutin angkat sel kulit mati

Anda juga bisa mengusir bibir yang gelap dengan melakukan scrub pada bibir sebanyak 2 kali dalam seminggu. Camprkan gula putih dengan minyak zaitun yang mengandung omega 3 dan antioksidan yang sangat berperan dalam mengangkat sel kulit mati.

Usapkan campuran tadi pada bibir, diamkan selama 1 menit dan gosok perlahan dengan lap basah. Jangan lupa untuk mengoleskan lip balm setelahnya, ya!

TAGS : Bibir Hitam Lip Balm




TERPOPULER :