Rabu, 21/11/2018 15:35 WIB

Masalah Elektronik Bikin Rossi Kesal

Sementara Rossi mengatakan posisinya tidak mencerminkan potensi dirinya, ia mengakui bahwa kurangnya daya tarik, terkait dengan permasalahan elektronik lama Yamaha, telah banyak merugikannya.

Valentino Rossi jatuh saat race

Jakarta - Pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi menilai daya saingnya di MotoGP mulai berkurang lantaran permasalahan ban belakang dan kurangnya daya cengkeram, serta kerusakan elektronik di kubu Yamaha yang tak kunjung diperbaiki sangat mengganggunya.

Rider Yamaha itu menyelesaikan latihan kedua di urutan 17 secara keseluruhan, 0,899 detik di bawah pebalap Jorge Lorenzo dan 11 tempat di belakang rekan satu timnya Maverick Vinales, yang berada di urutan keenam.

Sementara Rossi mengatakan posisinya tidak mencerminkan potensi dirinya, ia mengakui bahwa kurangnya daya tarik, terkait dengan permasalahan elektronik lama Yamaha, telah banyak merugikannya.

"Perasaan berbeda di siang hari, latihan pertama tidak begitu buruk," kata Rossi, yang memulai hari dengan waktu terbaik ketiga di FP1 dikutif Autosport.

"Pada sore hari kami mencoba bekerja dengan ban bekas untuk memahami kecepatan, ritme saya tidak fantastis, tidak cukup kuat," tambahnya.

"Kami mencoba memodifikasi sesuatu untuk meningkatkan akselerasi tetapi dengan ban baru saya bisa meningkatkan, tetapi tidak cukup. Saya sangat jauh di posisi belakang," lanjutnya.

"Masalahnya selalu sama, akselerasi ketika kita membuka throttle, kita berputar terlalu banyak, kita tidak bisa meletakkan kekuatan yang cukup di tanah sehingga kita kehilangan akselerasi."

"Pada saat yang sama, kami kehilangan terlalu banyak ban belakang, jadi menjadi sulit juga untuk naik sepeda. Besok kami akan mencoba mengikuti cara lain."

Rossi telah lama meminta Yamaha untuk membuat langkah maju dengan elektroniknya, dan menyoroti fakta bahwa tidak ada yang berubah dalam hampir satu tahun.

"Ini situasi yang sulit," kata orang Italia itu. "Kami mengalami masalah ini sejak Agustus 2017. Sekarang ini Juli 2018 dan kami tidak mencoba apa-apa. Kurang lebih kami seperti tahun lalu.

"Kami harus optimis dan berharap kami dapat mencoba sesuatu, karena bagi saya pribadi, dan saya mengatakan berkali-kali kepada Yamaha, masalahnya sangat jelas."

Vinales juga mengakui bahwa Yamaha tidak akan dapat bersaing dengan Honda dan Ducati sampai menguji solusi elektronik baru dalam pengujian pasca-balapan di Brno bulan depan.

"Kami masih harus menunggu musim panas (istirahat)," kata pebalap Spanyol itu. "Saat ini saya pikir motor kami memiliki paket yang bagus, pengaturan dasar yang baik, tetapi elektronik membatasi kami," lanjutnya.

"Jadi, kami harus bekerja keras untuk itu. Saya pikir motor ini benar-benar bagus, hanya saja kami perlu mengatur dengan baik."

TAGS : Valentino Rossi MotoGP Yamaha




TERPOPULER :