Kamis, 20/09/2018 11:22 WIB

Dada Merasa Nyeri? Waspada Masalah Jantung

Tahukah Anda jika dada merasakan nyeri tak biasa kemungkinan Anda mengalami masalah pada jantung?

Ilustrasi nyeri dada (Foto: Nutrive)

Jakarta - Penyakit jantung tidak mengenal usia, mereka yang sudah tua maupun masih muda, yang rajin berolahraga maupun tidak, bisa terkena tanpa mengenal latar belakang.

Menurut Ahli Jantung dari RSPI dr. Johan Winata, Sp.JP (K), FIHA, Salah satu pertanda adanya masalah di jantung adalah nyeri dada. Namun, ada ciri tertentu yang membedakan dari nyeri dada yang tidak terkait penyakit jantung koroner.

Bagaimana cara membedakan nyeri dada gejala serangan jantung atau bukan?

"Sekitar 70% orang dengan penyakit jantung koroner mengalami gejala nyeri dada khas, di belakang tulang dada atau lebih kiri sedikit, bisa menjalar ke lengan kiri ke belakang hingga leher," ucap dr Johan alam Small Discussion RSPI di Jakarta, Selasa (10/11).

Biasanya rasa nyeri dada ini akan menjalar ke lengan kiri dan tembus ke belakang tubuh hingga ke leher. Pada masing-masing pasien, lanjut dia, sensasi yang dirasakan berbeda, ada yang seperti merasa tertusuk, atau ditimpa beban berat, dan ada pula yang merasa seperti terbakar.

Nyeri dada, ujar dr Johan merupakan salah satu gejala atau tanda serangan jantung, tetapi ada pula beberapa penyakit lain yang memiliki gejala yang sama.

"Sementara 30 persen lainnya nggak khas. Ada yang di ulu hati saja, ada yang mengalami mual, muntah, nyeri, leher tercekik, ada yang seperti sakit gigi. Jadi, memang nggak khas jadi agak susah," tambah dia.

Namun, menurut Johan, yang harus diketahui orang dengan riwayat penyakit jantung adalah penyebab nyeri dada itu sendiri. Pada kasus nyeri dada, karena penyempitan pembuluh darah akan berbeda dengan nyeri ketika serangan jantung terjadi.

TAGS : Jantung Nyeri Dada Jantung Koroner




TERPOPULER :