Senin, 16/07/2018 17:29 WIB

Bosnia Makamkan 35 Korban Pembantaian Srebrenica

Setiap 11 Juli, jasad korban genosida yang baru diidentifikasi dimakamkan di Potocari Memorial Centre, Bosnia Timur

Temuan genosida Bosnia

Sarajevo - Bosnia kembali menggelar acara peringatan 23 tahun genosida Srebrenica dengan mengubur 35 korban yang baru-baru ini diidentifikasi dalam pemakaman kolektif. Delegasi Turki yang dipimpin oleh Menteri Kehakiman Abdulhamit Gul dan calon presiden Serbia Cedomir Jovanovic turut hadir dalam prosesi tersebut.

Setiap 11 Juli, jasad korban genosida yang baru diidentifikasi dimakamkan di pemakaman memorial di Potocari, Bosnia timur. Ribuan pengunjung dari berbagai negara akan menghadiri upacara pemakaman tersebut.  

Setelah pemakaman tahun ini, jumlah penguburan di pemakaman bertambah menjadi 6.610. Vesid Ibric, masih berusia 16 tahun saat tewas, adalah korban termuda yang dimakamkan tahun ini. Sementara Sahin Halilovic, 71 tahun, adalah yang tertua.

Remzija Dudic, yang dibunuh secara brutal oleh pasukan Serbia meskipun tengah mengandung 6 bulan saat melarikan diri bersama suaminya, juga dimakamkan dalam upacara tahun ini.

Jasad 35 korban genosida pada Senin pagi diangkut dengan truk dari kota Visoko, Bosnia, sampai ke Potocari. Peti mati tiba di pemakaman pada Selasa, sehari sebelum upacara pemakaman.


TAGS : Sarajevo Bosnia Genosida




TERPOPULER :