Sabtu, 20/04/2024 01:48 WIB

Wadah Pengembangan Talenta Potensial Dalam Industri Kreatif

#BuatNyataTujuanmu dilaksanakan bagi anak muda Jakarta untuk menciptakan ide kreatif.

Gerakan wirausaha sosial Secangkir Semangat #BuatNyataTujuanmu.(Foto : Istimewa)

Jakarta – Sebagai agen perubahan, anak muda diharapkan dapat menciptakan lapangan pekerjaan untuk membantu mengentaskan permasalahan sosial-ekonomi dengan pendekatan kreatif. Namu demikian, banyak anak muda dengan potensi istimewa dalam bidang kreatif belum terwadahi dengan baik termasuk dalam hal penciptaan inovasi.

Terlebih generasi sekarang punya kecenderungan instan yang dimudahkan akses internet untuk mencari inspirasi, sehingga sangat wajar ketika konsep usaha yang diusung hampir serupa. Leonard Theosabrata, telah berperan penting dalam industri kreatif. Ia mendirikan sebuah bengkel kreatif bernama Indoestri Makerspace untuk mewadahi para pelaku industri kreatif agar dapat bertemu dan membuat berbagai produk inovatif lewat tangan sendiri.

Disini pula, kegiatan Networking Day yang merupakan rangkaian program dan gerakan wirausaha sosial Secangkir Semangat #BuatNyataTujuanmu dilaksanakan bagi anak muda Jakarta untuk menciptakan ide kreatif, mewujudkan gagasan dan mengembangkan jejaring kerja, serta membangun kerjasama (ko-kreasi).

Leonard yang juga merupakan mentor program Secangkir Semangat #BuatNyataTujuanmu, membekali generasi muda untuk dapat mempertahankan sebuah merek (self-made) dan berbagi motivasinya mendirikan Indoestri Makerspace.

"Sebagai pelaku industri kreatif, penting bagi kita untuk memahami strategi self-made dengan cara mengerti keseluruhan proses produksi agar melahirkan banyak inovasi baru. Hal ini guna membangun usaha kreatif yang berkelanjutan," ujarnya di Jakarta, Selasa (10/7).

Itulah mengapa ia mendirikan Indoestri Makerspace. Bukan untuk mencari laba semata, melainkan kehadiran bengkel kreatif ini berfokus pada orang-orang agar mampu menghasilkan sesuatu, memiliki visi yang kuat, sikap yang benar, dan mampu bertahan setelah keluar dari sini. "Kami berharap dapat menumbuhkan banyak merek lokal baru yang berkualitas," jelasnya.

Salah satu sosok generasi muda yang memiliki usaha berkelanjutan dalam industri kreatif adalah Denica Flesch, Founder SukkhaCitta. Ia bergelut dalam industri tekstil Indonesia melalui produksi batik tulis dengan memberdayakan pengrajin lokal di beberapa desa di Jawa.

Sebagai salah satu mentor program Secangkir Semangat #BuatNyataTujuanmu, Denica yang turut hadir dalam kegiatan Networking Day berbagi kisah inspiratif mengenai usaha sosial yang digelutinya.

Kata ia, penting dalam sebuah bisnis untuk memperhatikan produknya, namun ketika kita memperhatikan orang-orang yang membuatnya, itu yang menjadikan bisnis kita berdampak.

"Saya memulai SukkhaCitta dengan keyakinan bahwa semua yang kita lakukan memiliki dampak. Sejak awal, SukkhaCitta bukan mengenai sebuah usaha fashion melainkan sebuah usaha untuk memecahkan masalah. Saya percaya bahwa ada cara dan potensi untuk memberdayakan manusia, bukan mengeksploitasinya," katanya.

KEYWORD :

anak muda kreatif kerja ekonomi bekraf




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :