Rabu, 14/11/2018 09:28 WIB

Nonton Piala Dunia Bisa Kena Serangan Jantung

Mengapa bisa menonton sepak bola menyebabkan serangan jantung?

Serangan jantung meningkat selama pertandingan final (Foto: Ilustrasi)

Singapura - Menonton pertandingan sepak bola menyebabkan emosi seseorang mengalami peningkatan yang menyebabkan tekanan darah pun naik.  

Penelitian di Canadia Journal of Cardiology menyatakan detak jatung akan mengalami kenaikan mencapai 75 persen jika orang menonton televisi.

“Penelitian di Brasil selama Piala Dunia dulu menunjukkan serangan jantung meningkat selama pertandingan final,” kata Dr Dinesh Nair, konsultan kardiologi di Rumah Sakit Mount Elizabeth di Singapura, seperti dilansir dari Channel News Asia.

Di Jerman, terdapat 47 persen dari 4.279 pasien mengalami serangan jantung karena tim Jerman bermain pada Piala Dunia 2006.
“Serangan jantung terjadi ketika tidak ada oksigen disuplai jaringan otot jantung karena berhenti di arteri,” kata Dinesh.

Dia mengatakan, selama pertandingan sepak bola merupakan situasi yang berisiko dan memusingkan. “Itu meningkatkan pasokan oksigen ke jantung. Padahal, suplai oksigen menurun,” papar Dinesh.

Hal tersebut menimpa seorang komentator asal Mesir meninggal karena serangan jantung setelah negaranya kalah dari Arab Saudi pada 25 Juni lalu. Kemudian, pendukung Jerman dari Cina mengalami serangan jantung di Hube, Wuhan, setelah tim kesayangannya dikalahkan Meksiko pada 17 Juni.

Agar tidak terkena serangan jantung saat menonton pertandingan sepak bola, Dinesh menyarankan agar And juga memiliki gaya hidup sehat seperti berolahraga dan makan makanan yang sehat.


TAGS : Jantung Piala Dunia Hidup Sehat




TERPOPULER :