Sabtu, 20/04/2024 10:10 WIB

Usai Hierro Mengudurkan Diri, Ini Kandidat Pelatih Timnas Spanyol

Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) membenarkan bahwa penunjukan pelatih baru akan segera dicari

Spanyol tersingkir dari Piala Dunia 2018

Jakarta - Usai Fernando Hierro mundur sebagai pelatih Timnas Spanyol, kini kursi kepelatihan tim Matador dilanda kekosongan. Kabar tersebut menguak setelah Hierro gagal membawa Ramos CS lolos ke perempat final Piala Dunia 2018.

Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) membenarkan bahwa penunjukan pelatih baru akan segera dicari, usai Hierro memutuskan untuk melepaskan jabatannya.

Pemecatan Julen Lopetegui pada malam Piala Dunia berarti Spanyol selalu cenderung membutuhkan pelatih baru. Berikut enam kandidat yang bisa masuk dan mengambil posisi manajer Tim Matador.  

Rafael Benitez

Jika pengalaman diinginkan, Benitez bisa menjadi pilihan. Mantan pelatih Liverpool dan Real Madrid berusia 58 tahun ini memiliki sejarah panjang di Inggris dan Italia bersama dengan daftar prestasi yang patut ditiru di tanah airnya, termasuk dua gelar LaLiga dengan Valencia.

Dikagumi karena taktiknya, pemenang Liga Champions tidak pernah merasa puas dengan dukungan ruang rapat yang diterimanya di Newcastle United, menyarankan pendekatan yang mungkin dipertimbangkan.

Roberto Martinez

Penunjukan pelatih Belgia, Martinez mulai terlihat seperti masterstroke. Sebelumnya ia jatuh dengan tugas yang mengecewakan di Everton yang memuncak dalam pemecatannya pada Mei 2016, tetapi transisi cepat ke arena internasional telah berubah dari membingungkan menjadi brilian di Piala Dunia.

Dengan kemenangan perempat final atas Brasil sekarang di resume, Martinez bisa melompati antrian dengan membawa Belgia di puncak.

Quique Sanchez Flores

Flores segera muncul sebagai salah satu pesaing terkemuka setelah penghapusan Lopetegui. Reputasinya di mata RFEF muncul tidak berwarna oleh tugas yang bertanggung jawab atas Espanyol, yang memecatnya pada bulan April.

Memang, fakta bahwa mantan bos Valencia dan Watford adalah agen bebas dapat meningkatkan prospeknya. Membimbing Atletico Madrid ke gelar Liga Europa pada 2010 tetap merupakan pencapaian terbesarnya.

Luis Enrique

Luis Enrique juga bisa menjadi opsi lantaran hingga saat ini ia belum menemukan rumah baru lebih dari 12 bulan setelah sukses tiga musim  di Barcelona.

Meskipun ia memenangkan sembilan trofi di Camp Nou, hubungan pria berusia 48 tahun yang sering tegang dengan dewan Barca - dan Lionel Messi - mungkin diperhitungkan melawannya oleh sebuah organisasi yang ingin memperlancar ketidakstabilan baru-baru ini. Luis Enrique, adalah nama terbesar di antara calon pesaing.

Michel

Mantan pemain timnas Spanyol, Michel layak menjadi opsi lantaran ia mendapat dukungan dari para pemain.

Dua penugasannya di masa lalu, di Marseille dan Malaga, berakhir dengan kegagalan, meskipun hat-trick gelar dengan Olympiakos menambahkan beberapa kilau ke CV.

Xavi

 Xavi, yang masih aktif untuk Al Sadd pada usia 38 tahun, disebut-sebut sebagai calon kejutan untuk memimpin tim yang ia menangkan Piala Dunia 2010.

Gelandang terkenal telah menyatakan keinginan untuk pindah ke dunia kepelatihan dan, jika ia didukung untuk menyatukan ruang ganti sesekali retak, bisa menemukan jalan pintas untuk pekerjaan masa depan di Barca.

KEYWORD :

Hierro Spanyol




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :